Tips Lulus SIMAK UI

Secara umum untuk memasuki Universitas Indonesia tersedia 3 jalur. Pertama adalah jalur undangan SNMPTN, Kedua jalur tes nasional SBMPTN, dan terakhir adalah jalur mandiri SIMAK UI. Salah satu yang ingin saya bagikan disini adalah bagaimana agar bisa lulus ujian SIMAK UI. Tentunya, seperti yang diketahui bahwasannya tingkat kesulitan soal SIMAK UI jauh diatas SBMPTN dan ujian mandiri lainnya. Tapi hal tersebut tidak perlu ditakuti. Selalu ada cara bagi orang yang berniat sungguh-sungguh. Berikut adalah cara bagaimana kalian bisa lulus tes SIMAK UI:

1. Konsisten
Hal yang paling terberat untuk dilakukan adalah konsisten. konsisten disini adalah konsisten dalam belajar. Dikatakan mustahil lulus jika sudah dari awal tidak konsisten belajar. Bisa dikatakan ini adalah syarat wajib dari semuanya. Orang sukses selalu melakukan apa pun secara konsisten. Orang gagal adalah orang yang selalu menunda-nunda dan angin-anginan dalam melakukan segala sesuatu.

2. Buat Agenda
Setelah memiliki sifat diatas maka sekarang yang diperlukan adalah membuat jadwal belajar yang tersusun rapi. Contohnya seperti ini, hari senin  belajar fisika, hari selasa biologi, hari rabu adalah kimia. Belajarlah sesuai dengan agenda yang telah dibuat. Saran saya belajar dari materi. pahami betul materinya dengan memahami konsepnya. Setelah itu cobalah liat soal simak ui yang berkaitan dengan materi yang sedang dipahami.

3. Melihat soal masa lalu
Mengapa hal tersebut perlu dilakukan? Berdasarkan pengalaman saya, soal simak ui dari tahun ke tahun materi yang diujikan tidak jauh berbeda.  Contohnya dalam bidang soshum pelajaran ekonomi. Materi permintaan dan penawaran selalu ada. Setelah itu, pertanyaan mengenai bentuk pasar dalam ekonomi.  Biasanya ditanyakan tentang pasar persaingan sempurna atau pasar monopoli? Download disini jika kalian ingin melihat soal simak ui dari tahun ke tahun. Dengan mengetahui materi apa saja yang sering diujikan maka belajar kalian jauh lebih efektif, hemat waktu, dan terarah.

4. Latihan soal
Jika kalian telah mendownload soal-soal di link yang saya telah berikan. Maka disini kalian harus mulai latihan. Soal-soal yang telah didownload dijadikan sebagai latihan. Dalam pengerjaannya saya akan memberikan tips. Pertama, cobalah kalian latihan soal-soal simak yang telah didownload tersebut tanpa melihat buku terlebih dahulu. Tandai dengan jawaban kalian dengan pulpen merah atau biru. Kedua, lalu kalian kerjakan soal tersebut dengan melihat buku atau materi yang ada di internet. lalu tandai jawabannya dengan pulpen berwarna hitam. Kenapa harus seperti itu? Langkah pertama untuk mengetahui seberapa mampu kalian mengerjakan soal simak. Langkah kedua, kalian sambil belajar materinya dan mengetahui kesalahan jawaban kalian. 
(Kumpulan soal dan pembahasan simak ui saintek disini)
(Kumpulan soal dan pembahasan simak ui soshum disini)

5. Guru (Optional)
Opsi ini sebenarnya bersifat opsional saja. Seperti yang diketahui bahwasannya soal simak ui ini tingkat kesulitan soalnya tinggi. maka alangkah baiknya ada guru yang membimbing. Baik itu guru bimbel atau pun guru private. Atau jika kalian punya kakak kelas yang baik yang telah berpengalaman bisa dijadikan tempat bertanya kalian atas kesulitan materi dan soal yang sedang kalian pelajari.  Namun, jika kalian merasa bisa belajar dan memahami sendiri hal tersebut tidak perlu dilakukan. 

6. Berdoa 
Jika sudah melakukan step diatas maka sekarang yang perlu dilakukan adalah berdoa. Berdoalah kepada Tuhan agar memberikan hasil terbaik bagi kalian. Ingat jauhi sifat sombong seperti seolah-olah kalian pasti akan diterima di Universitas Indonesia. Fenomena ini saya sering lihat pada murid-murid yang pernah saya ajarkan. Hasilnya, kesombongan akhirnya membawa petaka dan kesialan. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Lulus SIMAK UI"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel