Kisi-Kisi SIMAK UI Soshum 2020

Saya rasa belum ada yang pernah menulis tentang kisi-kisi SIMAK UI Soshum. Sebenarnya ini kurang tepat dibilang kisi-kisi namun lebih soal apa saja yang sering diujikan dalam SIMAK UI. Soal SIMAK UI sendiri bisa saya katakan mempunyai pola yang konsisten dari tahun ketahunnya. Berbeda dengan soal TPS UTBK SBMPTN yang tiap tahunnya sulit ditebak soal yang diujikan.

Saya hanya memberikan soshum karena saya sendiri memang guru soshum untuk SBMPTN dan Ujian Mandiri. Selain itu saya tidak bisa. Disini saya mengklasifikasikannya bab perbab dan dan jumlah soal yang diujikannya. SIMAK UI memang soal yang bisa dikatakan mempunyai tingkat kesulitan tinggi. Namun menurut saya, SIMAK UI materi yang diujikannya setiap tahun itu-itu saja

Sekarang saya coba pecah belah pelajaran soshum yang diujikan menjadi tiga. Pertama ekonomi, kedua sejarah, dan ketiga geografi. Loh kenapa sosiologi tidak dimasukan? Ini karena sosiologi baru diujikan selama empat tahun saja terhitung dari tahun 2016-2019. Sampel empat tahun ini saya katakan terlalu sedikit jadi saya tidak menghitungnya. Rentang sampel yang saya ambil biasanya adalah 10 tahun. FYI sebelum adanya sosiologi yang diujikan dalam SIMAK UI adalah IPS terpadu.

Oke kita masuk dalam pelajaran ekonomi. Bisa dilihat seperti gambar dibawah:
https://www.gu-buk.net/
Sebelumnya saya ingin memberitahu bahwasannya soal SIMAK UI setiap tahunnya mempunyai paket yang berbeda-beda namun secara garis besar yang diujikan sama. Dari sini kita bisa lihat bahwasannya materi yang sering keluar dalam SIMAK UI Ekonomi adalah Ekonomi Makro. Nah secara sederhananya ekonomi makro mencakup ekonomi secara keseluruhan, berbicara konteks suatu wilayah, biasanya disoal bicara tentang negara. Kurang lebih materi ekonomi makro SIMAK UI mengujikan materi seperti ini:

  • Tingkat Bunga dan Investasi
  • PDB
  • Inflasi
  • Kebijakan Moneter dan Fiskal
  • Currency
Jadi sebisa mungkin menguasai materi ini secara maksimal karena soal ini selalu keluar setiap tahun dan paling banyak. Tapi rasanya mustahil untuk menguasai materi makro ekonomi tanpa tahu basic dari ilmu ekonomi. Paling krusial adalah pengantar ekonomi, permintaan dan penawaran, dan elastisitas. Rasanya tidak mungkin menguasai makro tanpa menguasai semua itu. Jadi belajarnya harus runut yah.

Oke sekarang kita ke pelajaran sejarah. Lihat gambar dibawah:
https://www.gu-buk.net/
 
Bisa dibilang pelajaran sejarah merupakan pelajaran yang paling banyak babnya. Kebayang ada 22 bab yang mesti dipelajarin. Kebayang pusingnnya seperti apa. Eiits tunggu dulu jangan pusing dulu. Kalo kita lihat seksama soal SIMAK UI sejarah dari tahun 2011 mayoritas merupakan sejarah Indonesia. Nah disini kita bisa fokus untuk hanya mempelajari sejarah Indonesia saja.

Lebih baik kita fokus mempelajari suatu tema dibanding mempelajari semuanya tapi tidak fokus. Belajar fokus akan membuat kita nantinya bisa menjawab soal dengan mudah. Nah dalam belajar sejarah yang kita perlukan adalah belajar secara runut. Pada pemetaan soal diatas sudah saya susun secara runut atau kronologis. Belajar sejarah yang benar adalah belajar sejarah yang kronologis. Belajar sejarah loncat-loncat akan membuat kita mudah lupa.

Sekarang kita masuk dalam pelajaran geografi. Lihat gambar dibawah:
https://www.gu-buk.net/

Didalam soal geografi soal jauh lebih tersebar rata dibandingkan soal ekonomi dan sejarah. Kelihatannya geografi mudah. Namun menurut saya tidak juga. Kenapa tidak juga? Karena soal geografi SIMAK UI lebih banyak studi kasus kejadian-kejadian geografi yang terjadi baru-baru ini di Republik Indonesia tercinta. Contohnya kejadian banjir atau kejadian longsor.

Disini tugas kita adalah membuat keterkaitan kejadian geografi tersebut dengan teori geografi yang ada. Contoh membahas fenomena longsor maka disini bisa saja akan dikaitakan dengan materi hidrosfer, atmosfer, atau pun pedosfer. kejadian geografi pun tidak sebatas hanya alam saja namun juga kehidupan sosial manusia. Karena manusia sendiri merupakan objek kajian dalam geografi. Contohnya kasus seperti fenomena urbanisasi, fenomena wilayah tempat tinggal masyarakat, dll.

Itu saja analisis singkat dan sederhana yang saya buat jika artikel ini bermanfaat silahkan bagikan di sosial media kalian. Semoga yang sedang mengikuti SIMAK UI diberikan kelancaran dan hasil yang terbaik. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

3 Komentar untuk "Kisi-Kisi SIMAK UI Soshum 2020"

  1. Untuk kisi-kisi sosiologinya gimana ka?

    BalasHapus
  2. terimakasih banyak!😭so helpful, sayang gak ada sosiologinya:(

    BalasHapus
  3. aaaaa makasih banyak kakk udah nge-post kayak ginii 😭❤️ asli, ini tu ngebantu bangeett, nyesel kenapa baru nemuin ini h-4 sebelum ujian pdhl ini bener" se-helpful itu ✨

    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel