Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Jurusan Sastra Jawa

source: gramedia.com

Jurusan Sastra Jawa adalah program studi yang mempelajari karya sastra dalam bahasa Jawa, budaya Jawa, dan sejarahnya. Program studi ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan dalam memahami, mengapresiasi, dan menganalisis karya sastra Jawa, serta dapat mengembangkan kreativitas dalam menulis dan memproduksi karya sastra dalam bahasa Jawa.

Mata pelajaran yang diajarkan dalam program studi Sastra Jawa dapat bervariasi di setiap perguruan tinggi, tetapi beberapa mata pelajaran umumnya mencakup:

  1. Sastra Jawa Kuno

  2. Sastra Jawa Klasik

  3. Sastra Jawa Modern

  4. Sejarah dan Budaya Jawa

  5. Bahasa Jawa

  6. Metode Penelitian Sastra

  7. Teori Sastra

  8. Kritik Sastra

  9. Pengajaran Sastra

  10. Bahasa Indonesia dan Komunikasi

Selain itu, mahasiswa Sastra Jawa juga diharapkan untuk memiliki kemampuan dalam membaca, menulis, dan berbicara dalam bahasa Jawa. Beberapa perguruan tinggi juga menawarkan mata kuliah pilihan tentang topik khusus dalam sastra Jawa, seperti sastra perempuan, sastra anak-anak, atau sastra dalam konteks global. Setelah lulus dari program studi Sastra Jawa, lulusan dapat bekerja sebagai penulis, penyunting, penerjemah, pengajar bahasa dan sastra Jawa, atau bekerja di bidang-bidang lain yang terkait dengan kebudayaan Jawa.


Beberapa universitas di Indonesia yang menawarkan program studi Sastra Jawa antara lain:

  1. Universitas Gadjah Mada (UGM)

  2. Universitas Sebelas Maret (UNS)

  3. Universitas Negeri Yogyakarta (UNY)

  4. Universitas Negeri Malang (UM)

  5. Universitas Negeri Semarang (UNNES)

  6. Universitas Pendidikan Indonesia (UPI)

  7. Universitas Sanata Dharma (USD)

  8. Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS)

  9. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN)

Perlu diingat bahwa daftar ini tidak lengkap dan dapat berubah sewaktu-waktu. Selain itu, setiap universitas mungkin memiliki fokus atau spesialisasi yang berbeda dalam program studi Sastra Jawa, sehingga disarankan untuk melakukan pengecekan terlebih dahulu pada masing-masing universitas mengenai program studi, kurikulum, dan persyaratan masuk.


Posting Komentar untuk "Review Jurusan Sastra Jawa"