Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Review Jurusan Administrasi Fiskal

source: gramedia.com

Jurusan Administrasi Fiskal adalah salah satu jurusan yang berhubungan dengan pengelolaan keuangan negara. Jurusan ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan untuk mengelola keuangan negara secara efektif dan efisien serta memiliki pemahaman yang baik tentang kebijakan fiskal dan perpajakan.

Beberapa mata kuliah yang umumnya diajarkan dalam jurusan Administrasi Fiskal antara lain kebijakan fiskal, sistem perpajakan, akuntansi pemerintahan, penganggaran publik, manajemen keuangan negara, dan audit publik.

Di Indonesia, beberapa universitas yang memiliki jurusan Administrasi Fiskal antara lain Universitas Indonesia (UI), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Diponegoro (UNDIP), Universitas Padjadjaran (UNPAD), dan Universitas Sebelas Maret (UNS).


Lulusan Administrasi Fiskal memiliki kemampuan dalam pengelolaan keuangan negara, perpajakan, penganggaran publik, audit publik, dan manajemen keuangan negara. Berikut adalah beberapa pekerjaan yang dapat diambil oleh lulusan Administrasi Fiskal:

  1. Pegawai negeri atau pejabat pemerintahan di lembaga keuangan negara seperti Kementerian Keuangan, Badan Pemeriksa Keuangan (BPK), dan Direktorat Jenderal Pajak.

  2. Analis keuangan atau konsultan di perusahaan atau kantor akuntansi.

  3. Auditor atau konsultan di perusahaan-perusahaan audit.

  4. Peneliti di lembaga penelitian kebijakan publik.

  5. Pengajar atau dosen di perguruan tinggi.

  6. Wirausahawan di bidang jasa keuangan atau konsultasi keuangan.

  7. Staf di lembaga internasional seperti Bank Dunia, Dana Moneter Internasional (IMF), atau Asian Development Bank (ADB).

Kesempatan kerja untuk lulusan Administrasi Fiskal cukup banyak dan beragam, tergantung pada minat dan bakat individu serta pengalaman kerja sebelumnya.


Posting Komentar untuk "Review Jurusan Administrasi Fiskal"