Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal UTBK Geografi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis

 

  1. Foto udara memberikan informasi yang lebih rinci dan tepat dibandingkan dengan foto satelit.

SEBAB

Foto udara skalanya lebih besar bila dibandingkan dengan skala foto satelit.

Jawaban. A

Foto udara memberikan informasi lebih detail mengenai objek bangunan atau jalan karena lokasi pengambilan gambar lebih gambar lebih dekat dengan objek. Skala pada foto udara lebih besar dibandingkan skala foto satelit. Semakin detail atau semakin kecil cakupan wilayah, semakin besar pula skalanya. Jadi pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan Sebab akibat.


  1. Penginderaan jauh radar biasa disebut sistem aktif.

SEBAB

Radar mengirim tenaga elektromagnetik dari sensor, pantulannya diterima lagi oleh sensor lewat antena.

Jawaban A

Radar mengirim tenaga elektromagnetik dari sensor, pantulannya diterima lagi oleh sensor lewat antena, sehingga sistem ini disebut sistem aktif. Artinya, sumber tenaga yang digunakan merupakan tenaga buatan. Jadi pernyataan benar, alasan benar, dan ada hubungan sebab akibat.



  1. Sistem Informasi Geografis dapat mempercepat proses manipulasi data.

SEBAB

SIG mempunyai kemampuan utama dalam keperluan analisis keruangan.

Jawaban B

Dengan SIG proses manipulasi atau pengubahan properti informasi dapat lebih cepat. Hal ini terjadi karena teknik digital mampu mempercepat rendering proses data. Kemampuan utama adalah pengolahan ruang yang kemudian dipadukan dengan data-data pendahuluan. Jadi pernyataan benar alasan benar namun tidak ada hubungan sebab akibat.


  1. Peningkatan populasi ikan laut, dapat dideteksi melalui penginderaan jauh dengan melihat adanya proses upwelling melalui analisis temperatur permukaan air laut.

SEBAB

Temperatur air pada lokasi terjadinya upwelling lebih rendah dibanding temperatur perairan di sekitarnya.

Jawaban C

Dengan inderaja proses upwelling dapat dianalisis menggunakan citra termal seperti citra inframerah. Proses tersebut dapat menunjukkan daerah yang kaya akan populasi ikan daerah terjadinya upwelling ini memiliki temperatur yang lebih tinggi dibandingkan daerah lainnya. Jadi pernyataan benar alasan salah.


  1. Citra inframerah cocok untuk interpretasi objek vegetasi hutan karena ….

A.Menggunakan warna semu

B.Menampilkan gambar nyata

C.Menggunakan warna asli

D.Menampilkan gambar berwarna

E.Menggunakan warna sesuai

Jawaban A

Citra inframerah dapat membedakan benda hidup dan benda mati berdasarkan suhu dan kegiatan organisme inframerah akan memberikan cahaya semu pada organisme hidup dari perbedaan suhu dan kegiatan organisme lainnya. Jadi citra inframerah cocok untuk interpretasi objektivitas hutan karena menggunakan warna semu.








Posting Komentar untuk "Soal UTBK Geografi Penginderaan Jauh dan Sistem Informasi Geografis"