Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips and Trik Memilih Jurusan Kuliah

1. Konsultasi dengan orang yang profesional atau orang terdekat yang berpengalaman.


Bicarakan jurusan yang sesuai dengan passion kamu kepada orang-orang terdekat yang berpengalaman atau dengan psikolog pendidikan. Maka ketika melakukan ini kamu dapat memiliki tujuan yang tepat dan sesuai dengan diri kamu.

Biasanya mereka yang berpengalaman dapat memberikan pandangan dan pengetahuan-pengetahuan yang kamu belum ketahui. Atau dengan diskusi kepada orang terdekat dan psikolog kamu juga akan mendapat pandangan tentang berbagai macam jurusan sehingga kamu tidak akan salah dalam memilih.

2. Jangan mengikuti pilihan orang lain.


Mengikuti pilihan orang dapat merugikan diri kamu. Jika kamu salah memilih jurusan hanya karena mengikuti orang lain, maka kamu akan merasakan kesulitan di saat perkuliahan nanti. 
Pilihlah jurusan sesuai dengan minat dan kemampuanmu.

Apapun alasannya jangan sesekali kamu mengikuti pilihan oleh orang lain.

3. Pahami Kekurangan dan Kelebihan Jurusan.


Dalam hal ini kamu sudah seharunya memikirkan konsekuensi apa yang akan kamu dapatkan ketika  memilih jurusan yang diri kamu mau. Ketika kamu mencari jurusan pastikanlah mata kuliah apa saja yang akan kamu pelajari nantinya. Karena mata kuliah yang tidak sesuai dengan keinginanmu akan memberatkan dirimu pada saat nanti.

Dengan mengetahui konsekuensi kamu akan lebih percaya diri dan siap menerima pembelajaran yang akan diberikan nanti. Maka dari itu kamu juga akan dapatkan keuntungan yang bisa kamu miliki dengan memasuki jurusan tersebut.

4. Buatlah Riset Jurusan Yang Kamu Pilih.


Cari dan buatlah daftar berbagai macam jurusan yang menarik dan sesuai dengan passion yang kamu punya. pikirkanlah dengan matang setiap pilihan yang ada dalam daftar tersebut. Selanjutnya, kamu review dengan baik-baik agar kamu bisa mengeliminasi jurusan yang tidak sesuai denganmu.

Dan jangan lupa untuk mencaritahu masing-masing prospek kerjanya, bidang ilmunya, dan berbagai macam hal yang penting untuk diketahui. 

5. Pahami Potensi Diri Sendiri.



Dan yang terakhir pahami potensi diri sendiri. Ketika memutuskan untuk mengambil jurusan tertentu, sudah seharusnya kamu kenali terlebih dahulu potensi diri kamu.

Contohnya, bila kamu berminat dan berpotensi di bidang menggambar, maka sebaiknya kamu memilih bidang jurusan yang sesuai dengan potensi dan minat yang dimiliki. Supaya setelah keterima nanti kamu tidak akan merasa menyesal karna sala memilih jurusan.

Posting Komentar untuk "Tips and Trik Memilih Jurusan Kuliah"