Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Trick Meyakinkan Orang Tua Tentang Jurusan Kuliah Pilihan Kamu.




Ketika kalian menginjak Kelas 3 SMA, mesti siap-siap nih guys! Karna pada tahapan ini kalian sudah harus menentukan dengan pasti jurusan yang kalian ingin kan. 
Nah terkadang pada tahap pemilihan jurusan ini kalian pasti akan kebingungan. Apakah mengikuti passion yang kalian miliki atau mengikuti keinginan orang tua kalian? Padahal dalam hal ini kalian yang akan menjalankan perkuliahan. 

Perlu diingat jangan sampai kalian salah masuk jurusan ya guys! karna ga sesuai dengan minat dan bakat yang dimiliki, akan menyulitkan kalian pada saat perkuliahan nanti.
Untuk memilih jurusan yang kalian inginin, kalian mesti meyakinkan orang tua kalian dengan langkah-langkah berikut.

1. Memperhatikan timing dan suasana

Dalam diskusi dengan orang tua tentang hal ini, kalian perlu memperhatikan suasana hati orang tua kalian. Supaya komunikasi berjalan dengan lebih baik, perhatikan juga waktu saat menyampaikan hal tersebut. Lalu ciptakan suasana lingkungan yang nyaman. 

Jika ada hal sensitif yang akan disampaikan, sampaikanlah di waktu yang lain dan dengan situasi yang lebih nyaman. Maka dengan hal ini orang tua kamu akan menerima hal yang kamu sampaikan dengan baik.

2. Kalian perlu memiliki wawasan yang luas dan argumentasi yang meyakinkan.

Yang perlu kalian ketahui bahwa orang tua kalian sudah lebih berpengalaman dan senior dibandingkan dengan kita. Maka orang tua akan merasa lebih paham tentang segala hal. Padahal, pemikiran ini salah bukan?. 

Supaya semakin di percaya, kalian perlu memperluas wawasan tentang jurusan tersebut, dan berikan penguatan yang disertai dengan bukti. Kalian juga perlu memberitahu orang tua tentang prospek karir, informasi kampus, serta jurusan yang dipilih.

3. Menerima setiap pemikiran dengan positif  dan terbuka dari orang tua

Eh jangan salah sangka terlebih dahulu ya guys...
Yang perlu kalian ketahui orang tua pasti memilihkan sesuatu karna itu demi kebaikan kamu di masa depan nanti. Orang tua pasti juga sudah melihat hal yang terbaik untuk dirimu. Karna siapa lagi yang akan memperdulikan masa depanmu selain orang tua? oleh sebab itu kalian perlu berpikir positif dan terbuka kepada orang tua kalian.

4. Ajaklah orang tua untuk mencari solusi bersama

Carilah solusi untuk mencari jalan tengah yang kamu dan orang tua sepakati. Apalagi jika opini yang di berikan sangat bermanfaat untuk masa depanmu, misalnya seperti saat menentukan jurusan yang tepat untukmu. Atau orang tua merasa khawatir jika kamu kuliah jauh dari rumah, maka mereka menginginkan kamu untuk kuliah yang dekat dengan rumah.

Jika memang kamu menginginkan untuk kuliah di luar kota agar lebih mandiri. Kamu harus melakukan kompromi dan melihat baik buruknya hal tersebut. Kalaupun sulit untuk memilih kamu dapat kuliah dikota yang sama, tetapi tinggal terpisah dengan orang tua, yakni dengan mengekost.

5. Berikan omongan jujur dari diri sendiri kepada orang tua

Bicarakan hal yang benar-benar kamu rasakan kepada orang tua. Ketika kamu jujur hal tersebut lebih mudah di sampaikan daripada sesuatu yang di buat-buat atau hanya ikut-ikutan saja dengan perkataan teman.

Yang perlu kamu ketahui bahwasanya, terkadang pilihan yang kita pilih dapat salah. Karena kamu melakukannya dengan gegabah tanpa memikirkan konsekuensi yang akan di dapatkan nanti. Atau kamu hanya termakan dengan hasutan teman, padahal belum tentu hal tersebut benar-benar kamu sukai dan sesuai dengan kita rasakan.

Oleh: Safira Dwi Febriyanti

Posting Komentar untuk "5 Trick Meyakinkan Orang Tua Tentang Jurusan Kuliah Pilihan Kamu."