Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Soal Orde Baru dan Jawabannya

 SIMAK UI 2019
1. Sektor pertanian menjadi fokus utama kebijakan pemerintah Orde Baru sejak Pelita I karena .... 
(A) bantuan luar negeri melalui IGGI lebih banyak diprioritaskan untuk sektor pertanian
(B) adanya keinginan untuk meningkatkan kualitas hasil panen
(C) program intensifikasi dan ekstensifikasi pertanian yang lebih efisien ditemukan
(D) mayoritas penduduk Indonesia masih hidup dari hasil pertanian
(E) landasan ketahanan pangan Indonesia masih sangat lemah
Pembahasan
Orde baru mewarisi masalah ekonomi yang parah dari pemerintahan sebelumnya yaitu Pemerintahan Soekarno. Salah satu masalah ekonomi akut adalah masalah ketahanan pangan Indonesia yang lemah. Tim ekonom pada masa awal Orde Baru yang dikenal sebagai mafia berkeley  berusaha memperbaiki masalah tersebut . Menurut mereka, sebelum membangun ekonomi jauh lebih lagi dan menjadi negara industri maka sektor pertanian harus dikuatkan terlebih dahulu. Bagi mereka mustahil Indonesia menjadi negara industri seperti negara-negara barat jika landasan ketahanan pangan Indonesia lemah. Oleh sebab itu pelita I fokus pada pertanian. Untuk pelita selanjutnya Indonesia secara bertahap menjadi menuju tahap pembangunan negara industrial. Walaupun pada akhirnya semuanya nanti terhenti karena krisis moneter 1997-1998. Jawaban E

UTUL UGM 2019
2. Pemerintahan Orde Baru dianggap melakukan berbagai pelanggaran hak asasi manusia terutama dalam peristiwa-peristiwa berikut ini, yaitu...
(1) Penembakan misterius
(2) Peristiwa Talangsari
(3) Peristiwa Santa Cruz
(4) Operasi Militer Aceh tahun 1990-1998
Pembahasan:
(1) Peristiwa pada pernyataan pertama, merupakan peristiwa pembersihan para preman yang meresahkan pada zaman 80-an. Preman ini ditembak dan dibuang mayatnya begitu saja. 
(2) Peristiwa kedua merupakan peristiwa Talang Sari, yang mana gerakan tersebut dipimpin oleh Warsidi. Pemerintah Orde Baru menganggap gerakan yang dipimpin oleh Warsidi sebagai gerakan subversif(pemberontakan terhadap negara).
(3) Peristiwa ketiga, merupakan peristiwa penembakan brutal terhadap 250 demonstran pro kemerdekaan Timor Leste yang terjadi di Santa Cruz Kota Dili
(4) Peristiwa keempat, dikenal sebagai operasi jaring merah. Operasi militer tersebut menyasar Gerakan Aceh Merdeka yang merupakan gerakan separatis(memisahkan diri dari Indonesia). Operasi tersebut berakhir pada 22 Agustus 1998. 
Pernyataan benar semua. 
Jawaban E.

SIMAK UI 2017
3. Tahun 1966 - 1968 merupakan masa transisi kepemimpinan nasional di Indonesia
SEBAB
Pada masa itu terdapat dualisme kepemimpinan
Pembahasan
Dari tahun 1966 - 1968 terjadi transisi kepimpinan nasional (perpindahan kekuasaan) dari Presiden Soekarno ke Jenderal Soeharto (Pernyataan satu benar). Transisi ini terjadi pada dasarnya karena terjadi dualisme kepemimpinan antara Presiden Soekarno dan Jenderal Soeharto.  Keduanya sama-sama mempunyai pendukung yang loyal. Namun dalam perjalannya Soekarno yang tersisihkan. Soekarno mulai perlahan tersisihkan ketika keluarnya Supersemar (surat perintah sebelah maret) membuat posisi Jenderal Soeharto semakin kuat. lalu  pidato pertanggung jawaban Soekarno yaitu Nawaksara ditolak oleh MPRS pada tanggal 22 Juni 1966. Pada tahun 1967 keluarlah TAP MPRS No.33 Tahun 1967 yang berisikan pencabutan kekuasaan pemerintah negara dari Presiden Soekarno dan pengangkatan Jenderal Soeharto menjadi pejabat presiden (Plt Presiden). Soeharto pun resmi menjadi presiden ketika terjadi sidang umum MPRS pada 27 Maret 1968(pernyataan dua benar). Kedua pertanyaan tersebut menunjukan adanya hubungan saling keterkaitan. Jawaban A

UTUL UGM 2015
4. Kebijakan politik pada masa Orde baru yang menunjukkan adanya dominasi negara yang sangat kuat adalah
(1) Kebijakan fusi partai menjadi 3 partai politik yaitu PPP, PDI, dan Golkar
(2) Pancasila dijadikan asas tunggal dalam kehidupan berbangsa dan bernegara
(3) Dwifungsi ABRI sebagai kekuatan hankam dan sosial politik
(4) Pengawasan yang ketat terhadap media massa
Pembahasan:
Rezim Orde Baru merupakan rezim militer yang tidak demokratis. Ciri khasnya adalah
-Dwifungsi ABRI dimana doktrin tersebut menyatakan bahwasannya angkatan bersenjata mempunyai tugas menjaga keamanan&pertahana dan memegang kekuasaan negara.
-Asas tunggal merupakan bentuk penekanan terhadap organisasi masyarakat agar organisasinya memakai asas pancasila. Pancasila menurut versi Orde Baru.
-Fusi (penggabungan) partai politik. Dalam pemerintahan Orde Baru ada pemilu namun pemilu tersebut tidak berjalan secara demokratis. Fusi partai politik dilakukan agar Orde Baru bisa mengontrol dengan mudah lawan-lawan politiknya. Warga sipil tidak diizinkan mendirikan partai politik pada masa Orde Baru.
-Pengawasan media massa sangat ketat pada waktu itu. Berita yang menyinggung dan mengkritik pemerintah biasanya medianya akan dibredel. Contoh media Tempo dan Detik pernah dibredel (ditutup) karena berani mengkritik pemerintah. 
Jawaban E

SIMAK UI 2016
5. Politik Orde Baru menjalankan kebijakan politik bebas-aktif sebagai kelanjutan Nefos dan Oldefos
SEBAB
terjadinya pemulihan hubungan antara Indonesia-Malaysia, pengakuan terhadap Republik Singapura, dan masuknya kembali ke forum PBB membuat proses pembentukan ASEAN menjadi lebih mudah.
Pembahasan
Pernyataan satu: secara umum Orde Baru menganut politik luar negeri bebas aktif sesuai dengan yang diamanatkan oleh UUD 1945. Konsep nefos dan oldefos sendiri muncul ketika masa pemerintahan Presiden Soekarno yang memisahkan dunia menjadi dua secara garis besar. Pertama adalah Oldefos yang merupakan kekuatan-kekuatan lama yang terdiri dari negara imperialisme seperti Inggris, Amerika, dan negara barat lainnya. Sedangkan, Nefos merupakan kekuatan baru yang umumnya terdiri dari negara-negara yang baru saja merdeka. Jadi pernyataan satu salah. 
Pernyataan dua: Pasca naiknya Jenderal Soeharto menjadi pemimpin Indonesia,  Pemerintah Indonesia merubah kebijakan politik konfrontasinya terhadap Malaysia dan mengantikannya dengan jalan diplomasi perdamaian. Selain itu, Indonesia kembali menjadi anggota PBB setelah sebelumnya sempat keluar dari keanggotaan. Langkah selanjutnya adalah pembentukan organisasi regional ASEAN, dimana Indonesia  merupakan negara inisiator pendiri organisasi tersebut. Pernyataan kedua benar.
Pernyataan satu salah, pernyataan dua benar. Jawaban D

Bourbon
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Posting Komentar untuk "Soal Orde Baru dan Jawabannya"