8 Jurusan Kuliah Yang Paling Menjamin Masa Depan

Dunia mengalami perubahan besar-besaran pada abad 21. Ilmu-ilmu yang tadinya relevan dan dibutukan pada masa lampau kini sebagian besar tidak dipergunakan dan tidak relevan lagi pada abad ini. Ini semua akibat dampak dari revolusi industri 4.0. Revolusi ini membuat pekerjaan-pekerjaan jenis baru. Sebagian keterampilan pekerjaan tersebut tidak diajari di meja belajar atau pun dunia perkuliahan.

Semakin banyaknya orang terdidik yang menganggur salah satunya diakibatkan oleh kekurangan skill kekinian. Skill tersebut tidak didapatkan pada meja perkuliahan. Namun kini sebagian lembaga pendidikan tinggi seperti universitas dan politeknik kini mulai menyesuaikan diri dengan zaman dan membuka jurusan kuliah baru yang menjamin masa depan mahasiswanya. Berikut ini adalah jurusan kuliah yang paling menjamin masa depan dan mampu beradaptasi dengan zaman:

1. Data Science

data sains
Data merupakan new oil pada era digital ini. Data sendiri amat dibutuhkan dalam bisnis di era seperti ini. Perusahaan berlomba-lomba mengumpulkan data serta menganalisisnya untuk pengambilan keputusan bisnis jangka pendek, menengah, dan panjang. Kebutuhan tenaga data atau data saintis kini amat besar. Sedangkan dari sisi penawaran amat kecil. Tidak banyak universitas yang membuka jurusan tersebut. Baru tiga universitas yang membuka jurusan tersebut yaitu UNPAR, UNAIR, dan UMN.

2. Digital Marketing

digital marketing
Mungkin dulu jurusan bisnis masih begitu populer bahkan mungkin saat ini, tetapi di masa depan semua akan berubah. Kebutuhan akan tenaga digital marketing tinggi karena beriringan dengan semakin banyaknya industri yang terdigitalisasi. Skill digital marketing tentunya tidak diajarkan di jurusan bisnis biasa. Skill digital marketing sendiri seperti SEO, SEM, Social media campaign, dll. Semua bisa didapatkan dengan berkuliah di jurusan digital marketing. Hingga saat ini hanya Universitas Padjajaran yang membuka jurusan tersebut.

3. IT

Mau tidak mau jurusan ini akan sangat dibutuhkan di Indonesia. Hampir semua kampus membuka program IT. Lulusan IT pun nantinya tidak hanya menjadi seorang programmer. Profesi dalam bidang IT sendiri bisa dikatakan banyak tidak hanya sebatas programmer. Jurusan IT sendiri bisa dibilang merupakan jurusan yang cocok bagi kamu yang ingin kejelasan karir di masa depan. Gaji seorang IT pun terhitung tinggi di Indonesia.

4. Perhotelan dan Pariwisata

Bisa dikatakan ini merupakan jurusan kuliah satu paket. Jika melihat perkembangan dunia saat ini khususnya di Indonesia. Kegiatan wisata sudah menjadi kebutuhan pokok, khususnya bagi generasi milenial yang haus akan pengalaman membagikannya ke media sosial. Selain itu, jurusan ini didukung penuh oleh pemerintah Indonesia yang mengusahakan segalanya agar dunia pariwisata Indonesia maju terus. Sudah banyak lembaga pendidikan tinggi Indonesia yang membuka jurusan tersebut.

5. Desain

Dunia digital terkenal akan kreativitasnnya. Kreativitas ini dituangkan diberbagai macam hal. Jurusan ini pun banyak tersedia di lembaga pendidikan tinggi di Indonesia. Jurusan kuliahnya  pun beragam ada desain interior, desain arsitektur, dan yang paling populer sekarang ini adalah desain komunikasi visual, yang mana perkuliahannya memanfaatkan kecanggihan beragam software design ada. Karya-karya nya pun tidak sebatas gambar dua dimensi namun juga animasi tiga dimensi. Jurusan ini akan selalu dibutuhkan sepanjang bisnis digital berjalan.

6. Fashion

Mungkin agak aneh tapi ini kenyataan. Jurusan ini pun di Indonesia tidak begitu populer dan langka penyedianya, tapi bicara industri fashion maka luar biasa perkembangannya. Bagaimana khususnya generasi milenial tergila-gila akan fashion. Hal ini sebenarnya didukung oleh perkembangan media sosial yang ada. Jurusan ini pun bisa dikatakan mempunyai prospek karir masa depan yang cerah.  Karir untuk jurusan ini pun beragam seperti perancang busana, jurnalis mode, kritikus mode, atau punya brand tersendiri.

7. Farmasi

Seiring perkembangan industri obat-obatan di Indonesia dan keinginan Indonesia untuk menjadi mandiri dalam bidang obat-obatan maka kebutuhan akan tenaga farmasi meningkat setiap tahunnya. Jurusan kuliah farmasi sendiri karirnya tidak hanya bekerja di apotek saja, namun bekerja di rumah sakit, industri, dll. Lembaga pendidikan tinggi di Indonesia pun hampir semuanya membuka jurusan kuliah farmasi.

8. Matematika

Mungkin bertanya-tanya kenapa jurusan matematika? Jurusan matematika bisa dikatakan jurusan yang kemampuannya dibutuhkan diberbagai bidang. Matematika bisa dikatakan sebagai kerangka dasar dari semua ilmu. Dengan berkuliah di jurusan matematika karir tidak terbatas hanya sebagai guru saja. Menjadi seorang programer, data sains, data analis, dll. Jadi bisa dikatakan jurusan matematika jurusan kuliah yang paling luwes.

Itulah delapan jurusan kuliah yang menjamin masa depan. Tapi ingat apa pun jurusan kuliah kita, kita tetap bisa sukses jika bekerja keras dan cerdas. Belajar bisa dimana saja tidak hanya ditempat kuliah. Salam sukses dan tetap semangat.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

1 Komentar untuk "8 Jurusan Kuliah Yang Paling Menjamin Masa Depan "

  1. T.Elektro selalu ga termasuk kasihan. Padahal dari dulu sampai sekarang selalu menjaminkan, kalau tidak ada T.Elektro peradaban tidak ada, semua teknologi modern berawal dari listrik dan listrik selalu berinovasi setiap saat. T.Komputer (T.Informatika juga masuk tapi hanya software), Biomedik, T. Mekatronika, jurusan ini dulu masuk ke perminatan T.Elektro


    BalasHapus

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel