8 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan

8 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan
Pemilihan jurusan kuliah menjadi dilema bagi para lulusan SMA atau alumni yang ingin berkuliah. Memilih jurusan harus dipikirkan matang-matang. Jurusan kuliah yang dipilih kemungkinan besar akan menjadi pekerjaan dan karir untuk kedepannya.

Diluar sana banyak jurusan kuliah IPS yang bisa dikatakan mainstream dan lulusannya banyak. Seperti jurusan hukum, ekonomi, dan manajemen. Lulusan setiap tahunnya meningkat namun tidak dibarengi dengan jumlah permintaannya yang meningkat. Alhasil, banyak lulusan dari jurusan tersebut menganggur. Padalah diluar sana ada jurusan kuliah ips yang jarang diminati tapi menjanjikan secara masa depan. Berikut ini adalah jurusan kuliah ips yang jarang diminat tapi menjanjikan di masa depan:

1. Perpustakaan

Jurusan ini bisa dibilang jarang terdengar bahkan tidak termasuk jurusn populer bagi siswa-siswi lulusan program ips. Padahal prospek karir ilmu perpustakaan sendiri terhitung baik di masa depan. Kini banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan. Ilmu perpustakaan sendiri tidak selalu berurusan dengan buku-buku yang berdebu di perpustakaan namun juga manajemn arsip baik itu fisik maupun digital. Perusahaan kini banyak membutuhkan lulusan ilmu perpustakaan untuk membantu mereka mengatur arsip-arsipnya. Bahkan mulai banyak instansi pemerintah yang membutuhkan tenaga profesional lulusan perpustakaan.

2. Manajemen Perhotelan

Dengan semakin berkembangnya pariwisata Indonesia maka kebutuhan akan tenaga perhotelan sebagai sarana penunjang semakin meningkat. Jurusan perhotelan secara otomatis banyak dibutuhkan oleh industri perhotelan. Padahal banyak siswa-siswi SMA yang tidak begitu berminat dengan jurusan tersebut. Padahal melihat peluang kerjanya besar sekali. Pada jurusan ini mahasiswa akan dibekali dengan pengetahuan, keterampilan ,perencanaan, serta ilmu lainnya yang merupakan penunjang industri perhotelan.

3. Manajemen Pariwisata

Sama halnya dengan perhotelan. Bisa dikatakan jurusan ini satu paket sama-sama dibutuhkan. Tenaga dalam bidang pariwisata amat dibutuhkan bukan hanya terbatas dalam bidang manajemen saja. Hal ini sejalan dengan visi pemerintah yang ingin mengembangkan terus menurus industri pariwisata Indonesia. Jadi tidak perlu khawatir tidak bekerja pasca lulus dari jurusan kuliah manajemen pariwisata.

4. Kriminologi

Jurusan kuliah yang terhitung langka di Indonesia. Hanya beberapa universitas saja yang membuka jurusan tersebut. Selain itu, jurusan ini juga tidak begitu diminati seperti jurusan politik atau pun hubungan internasional. Padahal bicara prospek karir lulusan kriminologi kedepannya begitu cerah.  Karir-karir yang bisa dijalani oleh para lulusan kriminologi seperti detektif dan investigator swasta, analisis intelijen, dan staf kepolisian. Bahkan pemerintah Indonesia banyak membuka lowongan pns untuk lulusan kriminologi.

5. Sastra Jerman

Jika jurusan kuliah Sastra Inggris begitu banyak diminati oleh para lulusan siswa-siswi SMA maka jurusan Sastra Jerman kurang begitu diminati. Bahasa Jerman memang bukan bahasa internasional seperti bahasa inggris. Tapi negara Jerman sendiri merupakan salah satu negara terkuat di Uni Eropa dan salah satu industri maju di dunia. Lulusan sastra jerman tidak melulu harus menjadi seorang penulis atau penerjemah namun bisa juga berkarir dalam bidang lainnya. Jerman membuka peluang kerja banyak bagi orang-orang yang terampil dalam berbahasa Jerman dan mengerti kebudayaan Jerman.

6. Seni

Jurusan kuliah seni di Indonesia dipandang sebelah mata. Padahal kebutuhan akan tenaga seni begitu tinggi. Hal ini diakibatkan oleh perkembanga industri digital yang mana industri tersebut membutuhkan orang-orang kreatif dalam bidang seni. Industri digital sendiri semakin bernilai tinggi dengan adanya sentuhan seni di dalam produk yang dibuat. Jadi tidak usah khawatir bagi para lulusan kuliah jurusan seni.

7. Manejemen Pendidikan

Di Universitas pendidikan jurusan ini tidak begitu populer. Padahal tenaga manajemen pendidikan dibutuhkan di lembaga-lembaga pendidikan. Baik itu lembaga swasta atau milik negara. Pada jurusan kuliah akan diajarkan perencanaan, pengelolaan, dan pengawasan, dalam bidang pendidikan. Selain itu lulusan jurusan ini akan diajarkan tentang pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan.

8. Fashion
Semakin berkembangnya media sosial maka industri fashion juga berkembang.Kini banyak bermunculan pemain-pemain baru dalam industri fashion internasional atau pun lokal di Indonesia. Tentunya hal ini membutuhkan tenaga-tenaga profesional dalam bidang fashion. Seperti dalam bidang tata rias&kecantikan, tata busana, dan fashion bisnis. Jurusan ini pun tidak begitu populer dikalangan lulusan siswa-siswi SMA, padahal kebutuhan akan jurusan ini setiap tahunnya meningkat.

Itulah daftar jurusan kuliah ips yang diminati tapi menjanjikan. Semoga informasi tersebut bermanfaat.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "8 Jurusan Kuliah IPS yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel