5 Perbedaan Kehidupan SMA dan Kuliah

Untuk kamu yang sedang kelas 12 SMA atau pun sudah lulus  yang sedang mempersiapkan untuk masuk kuliah. Maka ada hal-hal yang perlu diketahui sebelum masuk dalam dunia perkuliahan. Dunia perkuliahan berbeda dengan dunia SMA. Dunia perkuliahan menuntut kita menjadi seorang dewasa. Ada 5 hal perbedaan kehidupan SMA dan kuliah. Berikut adalah lima hal tersebut:

1. Dituntut Aktif dan Mandiri

Ketika di SMA kita terbiasanya dengan model guru sentris. Dimana kegiatan pembelajaran lebih terpusat pada guru yang menjelaskan materi secara keseluruhan. Sedangkan kehidupan perkuliahan lebih menuntut seoarang mahasiswa menjadi pembelajara aktif dan mandiri yang berusaha mencari tahu semuanya sendiri. Dosen hanya menjelaskan materi di permukaan saja. Mahasiswa dituntut untuk mencari tahu semuanya sendiri, dan dosen tidak peduli apakah mahasiswa tersebut mau mencari tahu atau tidak. Selain itu dalam kegiatan administrasi juga sama demikian. Mahasiswa dituntut aktif dan mandiri mengurusi semua perihal administrasinya sendiri. Berbeda dengan SMA dimana proses administrasi dibantu guru dan staff yang ada di sekolah.

2. Jadwal Fleksibel

Ketika di SMA jadwal pelajaran sudah disusun rapi oleh pihak sekolah. Siswa tinggal hanya mengikuti jadwal tersebut. Pada dunia perkuliahan jadwal lebih fleksibel karena mahasiswa menentukan jadwalnya sendiri kapan ia akan kuliah. Disini mahasiswa diajarkan untuk bertanggung atas jadwal yang ia buat sendiri. Di SMA siswa tentunya belajar 5 atau  6 hari selama seminggu dari pagi hari hari sampai menjelang sore. Diperkuliahan seorang mahasiswa belajar belajar hanya 5, 4, atau malah 3 hari dalam seminggu. Sisi tidak enaknya ada juga, ketika sudah siap melaksanakan perkuliahan, ternyata kelas dibatalkan 15 menit sebelum perkuliahan dan tentunya ada jadwal penggantinya.

3. Tugas Lebih Banyak

Secara jam belajar tentunya perkuliahan hanya memiliki sedikit jam belajar di bandingkan sekolah SMA. Namun hal ini jangan disenangi terlebih dahulu karena biasanya tugas perkuliahan sendiri jauh lebih banyak dibandingkan dengan SMA. Selain itu dari tingkat kerumitan tentunya jauh lebih rumit perkuliahan. Ketika SMA kita dengan mudah menyontek tugas-tugas teman atau malah mengerjakan pagi-pagi sebelum kelas dimulai. Diperkuliahan jangan coba cara seperti itu karena tidak akan berhasil. Dosen diperkuliahan lebih jeli membandingkan tugas mahasiswanya. Jika mahasiswa ketahuan mencontek atau melakukan tindakan plagiat maka dosen biasanya akan menghukum tegas

4. .Masa Liburan Kuliah Lebih Panjang

Bisa dibilang salah satu favorit dari dunia perkuliahan adalah masa libur panjang. Biasanya masa libur perkuliahan berdurasi dua sampai tiga bulan. Berbeda dengan SMA yang masa liburnya hanya dua minggu saja. Masa liburan panjang ini biasanya dimanfaatkan oleh mahasiswa dalam berbagai macam bentuk kegiatan. Ada yang bekerja, magang, jadi relawan, atau sekedar liburan ke kampung halaman.  Tapi alangkah baiknya manfaatkan waktu libur dengan kegiata yang bermanfaat.

5. Pembelajar Seumur Hidup

Bisa dikatakan bahwasannya inti dari dunia perkuliahan adalah menghasilkan generasi yang kritis dan mau belajar sepanjang hidup. Sejak dunia perkuliahan kita sudah dituntut menjadi pembelajar yang mandiri dan bertanggung jawab atas setiap keputusan kuliah yang kita buat. Hal inilah akan dibawa pada dunia kerja, usaha, atau pun dunia kehidupan nyata lainnya. Dengan terus belajar maka kita dapat dari esensi kuliah itu sendiri. 

Belum ada Komentar untuk "5 Perbedaan Kehidupan SMA dan Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel