Negara Ini Menggratiskan Biaya Kuliah, Mau Coba Kuliah Disana?

Salah satu hal penting dalam membangun sumber daya manusia yang berkualitas adalah hadirnya pendidikan tinggi yang berkualitas serta terjangkau bagi masyarakat. Disini diperlukan kebijakan negara agar semua lapisan warga negara tanpa terkecuali dapat mengakses pendidikan tinggi. Salah satu kebijakan yang terkenal adalah dengan menggratiskan biaya kuliah pada perguruan tinggi.

Berbeda dengan Indonesia dimana perguruan tinggi sendiri masih cendrung mahal dan sulit diakses oleh lapisan bawah masyarakat. Di belahan dunia lain, ada negara yang menggratiskan biaya kuliah. Mereka berani menggratiskan biaya kuliah pada dasarnya karena kondisi ekonomi mereka sudah mapan dan tergolong sebagai negara maju. Berikut adalah negara yang menggratiskan biaya kuliah:

1. Denmark
source: maxpixel
Denmark yang merupakan salah satu negara Skandinavia. Tentunya negara skandinavia terkenal dengan negara kaya. Hal ini diwajarkan jika Denmark berani menggratiskan biaya kuliah mahasiswanya. Bahkan memberikan hibah kepada mahasiswa setiap bulannya berkisar $1000.

2. Prancis
source: pixabay
Prancis negara yang kaya akan kebudayaan dan sejarahnya juga berani menggratiskan biaya kuliah bagi warga  negaranya bahkan bagi warga Uni Eropa. Hal ini disebabkan pemerintah Prancis memberikan subsidi besar bagi pendidikan tinggi.

3. Norwegia
source: flickr
Masih pada negara Skandinavia. Norwegia juga seperti Denmark, berani menggratiskan  biaya kuliah mahasiswanya. Tentunya hal ini mendapatkan dukungan penuh dari dukungan pemerintah serta parlemen Norwegia.

4. Finlandia
source: wikipedia
Lagi-lagi negara Skandinavia. Negara yang dulunya terkenal dengan merk Nokia juga menggratiskan biaya kuliah bagi mahasiswanya. Negara ini juga dikenal sebagai negara yang mempunyai sistem pendidikan terbaik di dunia. Di Finlandia sendiri hampir semua Perguruan Tinggi bersifat publik. Negara ini juga menerima mahasiswa internasional secara terbuka.

5. Jerman
source: wikipedia
Jerman terkenal sebagai negara Eropa yang maju akan dunia riset dan pengembangannya. Tak ayal, Jerman merupakan salah satu negara industri maju di dunia. Hal ini tentunya didukung karena Jerman mempunyai kualitas pendidikan terbaik. Selain itu, Pemerintah Jerman juga berani menggratiskan biaya kuliah. Jerman juga dikenal sebagai negara yang terbuka bagi mahasiswa internasional.

6. Swedia
source: flickr
Merupakan negara Skandinavia akhir yang berani menggratiskan pendidikan tingginya. Negara yang pusat ibu kotanya di Stockholm ini mempunyai banyak universitas terbaik dan mempunyai reputasi internasional. Swedia sendiri juga terkenal sebagai negara industri maju layaknya seperti Jerman. 

Belum ada Komentar untuk "Negara Ini Menggratiskan Biaya Kuliah, Mau Coba Kuliah Disana?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel