Hal yang Harus Dihindari Pada Awal Kuliah


Mungkin kamu bertanya-tanya apakah suasana lingkungan belajar dan lingkungan sosial Kuliahan sama dengan SMA? Jawabannya memang berbeda. Contohnya di Kuliahan sistem belajarnya biasa disebut SKS bukan Sistem Kebut Semalamnya tapi Satuan Kredit Semester. Nah untuk para Maba ada hal-hal yang mesti dihindari pada masa semester awal. Yuk simak hal apa aja yang mesti dihindari
1. Jangan lewatkan hari pendaftaran mata kuliah
 source: anakui.com
Ini penting dan krusial salah satu bentuk adaptasi pertama yang harus dilakukan Maba. Jika kamu sebelunya di SMA hanya mengikuti kurikulum yang ditetapkan dan mengikuti alur saja. Maka pada lingkungan Kuliah kamulah yang menentukan sendiri. Hal ini tentunya membuat kamu harus berinisiatif cepat tidak menunggu bola seperti anak SMA. Pendaftaran mata kuliah sendiri pun sudah terjadwal dalam beberapa hari. Jadi kamu harus terus update informasi tentang kampus kamu.
2. Jangan Salah Bergaul
source: huffington 
Salah satu unsur pembentuk masa depan seseorang adalah  dengan siapa ia berteman. Ini juga berlaku ketika menjalani kehidupan kuliah kamu nanti. Pilihlah teman yang bisa diajak belajar bukan hanya sekedar nongkrong. Bertemanlah dengan kakak kelas yang mempunyai reputasi baik. Maka itu akan membantu kamu ketika menjalani kehidupan kuliah kedepannya
3. Berpenampilan Tidak  Rapih Ketika Kuliah
 source: suarahati.net
Ini erat kaitannya dengan nilai etika. Meskipun kuliah tidak memakai seragam lagi, bukan berarti kamu bisa seenaknya berpenampilan ketika kuliah. Ada nilai-nilainya di Kampus yang harus kamu hormati. Misalnya tidak memakai sendal jepit ketika berkuliah, tidak memakai kaus oblong ketika berkuliah tetapi memakai kemeja.
4.  Jangan Terlalu Asik di Medsos
 source: republika
Salah satu kegitan yang cukup menghabiskan waktu para pemuda adalah terlalu asik berkecimpung dalam medsos. Membuka medsos boleh saja, tetapi jika berlebihan maka itu menjadi sesuatu yang buruk. Bayangkan jika kesaharian kamu tidak bisa lepas dari HP dan terus-terusan update di medsos, maka waktu kamu akan sia-sia. Tugas-tugas kuliah kamu akan terbengkalai begitu saja. Waktu adalah uang. uang itu sesuatu yang berharga. maka waktu itu sesuatu yang berharga.
5. Jangan Simpan Tugasmu hanya di Hard drive 

Ini penting karena sewaktu-waktu hard drive kamu bisa rusak atau pun hilang. maka itu penting sekali jika kamu menyimpan di penyimpanan cloud. Seperti google drive, dropbox, dll. Ini sangat membantu kamu juga karena kamu bisa mengakses file kamu dimana-mana tanpa perlu khawatir kelupaan membawa hard drive.
6. Jangan Hidup Boros
Fase kuliahan adalah fase kamu dituntut untuk mandiri dalam berbagai bidang, salah satunya adalah masalah keuangan. Kehidupan boros di kuliahan bisa terjadi dalam berbagai hal. Nongkrong membutuhkan biaya tinggi untuk makan dan minumnya, maka kurangilah nongkrong. Buku juga merupakan pengeluaran yang tinggi bagi mahasiswa maka itu lebih baik anda meminjam di perpustakaan atau bisa juga meminjam pada kakak kelas. Pulsa Internet juga pengeluaran yang tinggi, maka sering-seringlah menggunakan wifi kampus kamu.

semoga bermanfaat

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Harus Dihindari Pada Awal Kuliah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel