Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Dalam Menghadapi UTBK SBMPTN

UTBK SBMPTN tinggal menghitung hari. Pasti banyak diantara kalian mulai deg-degkan. Entah itu belum siap secara materi tes yang diujikan, entah merasa gugup, atau malah takut menjalani tes UTBK SBMPTN karena sudah merasa yakin tidak keterima dan gagal. Siap tidak siap kalian harus siap menjalani tes tersebut, karena ketika kalian sudah  mendaftar maka kalian sudah berkomitmen untuk mengikuti tes tersebut. 

Ada beberapa hal yang mesti dipersiapkan dalam menghadapi UTBK SBMPTN dan menurut penulis hal tersebut bersifat esensial alias penting.  Lantas  apa saja yang perlu disiapkan dalam menghadapi tes UTBK SBMPTN nanti

1. Mental

Kenapa ini penting? Sekalipun kalian pintar namun mempunyai mental yang lemah dan gampang putus asa, kalian tidak akan mungkin memenangkan pertempuran apa pun, termasuk SBMPTN ini.  Mental adalah salah satu yang membedakan antara pemenang dan pecundang.  Orang yang Mentalnya kuat bukan berarti mereka selalu menang, melainkan mereka siap dalam menghadapi apapun, sekalipun hasilnya tidak sesuai ekspertasi.Orang yang bermental baja tentunya tidak akan mudah menyerah dan selalu berjuang. Mental itu lebih penting daripada kepercayaan diri. Kepercayaan diri kadang membuat kita terlena seolah-olah kita mampu dan yakin lulus. Mental yang kuat lebih membuat kita bersikap realistis dan mau menerima kenyataan. Mental yang kuat membuat kita jauh lebih tenang. 

2.Kesehatan

source: kampusupdate.com
Ini merupakan sesuatu yang amat berharga yang Tuhan berikan kepada kita semua. Kesehatan amat diperlukan dalam menghadapi UTBK SBMPTN tahun ini. Kondisi kesehatan yang buruk membuat kalian sulit berpikir jernih. Padahal dalam menghadapi UTBK SBMPTN dibutuhkan tubuh  yang sehart. Dalam menjaga kesehatan ini kalian tidak usah memaksakan tubuh  belajar terus menerus selama seminggu sebelum SBMPTN. Kalian seharusnya sudah belajar jauh-jauh hari dalam menghadapi SBMPTN, Usahakan selama seminggu ini tidak usah begadang. Itu bisa membuat kalian sakit. Ada baiknhya kalian selama seminggu ini relaks saja, tidak usah terlalu memaksa dalam segala sesuatu. Makanlah secara teratur. Usahakan kalian juga meminum multivitamin untuk menjaga daya tahan tubuh. 

3.Persiapkan apa yang diperlukan

source: quipper.com
Kalian tentu saja sudah tahu apa yang akan dibawah ketika tes nanti. Tentunya kalian harus mengikuti prosedur dari panitia untuk hal tersebut. Jangan membawa sesuatu yang memberatkan kalian ketika tes seperti laptop atau pun buku tebal SBMPTN. Karena hal tersebut bisa membuat kalian terganggu dan panik. Bawalah barang seperlunya dan sesuai yang diinstruksikan panitia. Selain itu ketika hari tes kalian cek kembali bawaan sebelum berangkat menuju tempat ujiannya.

4.Datang tepat waktu

source: santri.net
Ini wajib pkalian lakukan. Jangan sampai kalian telat datang ketempat lokasi ujian yang tertera di kartu ujian. Jika terlambat ini jelas menggangu kalian dalam mengikuti ujian UTBK SBMPTN. Secara tidak langsung waktu kalian  juga berkurang dalam mengerjakan soal jika datang terlambat. Kalian tentunya juga akan gugup dalam menghadapi ujian ketika  datang terlambat. Ada baiknya kalian perlu melakukan survei lokasi  ujian. Apakah lokasi tersebut  dekat atau jauh dari kalian? Transportasi apa saja yang tersedia menuju tempat ujian? Jam berapa sebaiknya berangkat? 


Itulah hal-hal yang kalian perlu perhatikan dalam menghadapi SBMPTN nanti, semoga tulisan ini membawa menfaat pada kalian. Sukses yah UTBK SBMPTN tahun ini. Semoga kalian bisa mencapai PTN yang diinginkan.

Bourbon
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Posting Komentar untuk "Hal Penting yang Perlu Dipersiapkan Dalam Menghadapi UTBK SBMPTN"