Sejarah Singkat Ilmu Ekonomi

 
Untuk dapat memahami situasi ekonomi saat ini dan kebijakan ekonominya. Tidak lupa juga lembaga ekonomi yang telah bekerja semaksimal mungking untuk meningkatkan kesejahteraan umat manusia, maka ada baiknya kita menengok kebelakang sejarah ilmu ekonomi itu sendiri dan melihat bagaimana upaya manusia selama berabad-abad sampai pada titik saat ini.

Betapa buruknya kondisi manusia terdahulu

Dalam perjalanannya sejarahnya, manusia yang tidak berhasil memanfaatkan sumber daya terbatasnya secara optimal, secara otomatis standar hidup mereka rendah. Menderita kemiskinan, kesehatan yang buruk, dan angka harapan hidup rendah. Lihat fakta-faktnya kondisi manusia terdahulu. kondisi ini terjadi di seluruh dunia pada masa silam.
  • Angka harapan hidup kurang lebih hanya 25 tahun
  • Kurang lebih 30 persen bayi baru lahir tidak mencapai usia lima tahun
  • Wanita memiliki 10 persen kemungkinan meninggal ketika melahirkan
  • Sebagian manusia menghadapi wabah penyakit mematikan
  • Pola kehidupan ekonomi manusia pada waktu itu masih bersifat subsisten (kerja hari ini maka hasilnya dimakan hari ini). Kecuali kehidupan bangsawan yang kehidupannya relatif makmur dan mempunyai persedian mencukupi.
Dalam 250 tahun terakhir kondisi dunia berubah signifikan. Inovasi berkembang pesat dan mengubah peta sejarah umat manusia secara keseluruhan. Penemuan mesin uap,  listrik, radio, televisi, komputer,  bioteknologi, antibiotik, pesawat terbang, vaksin, dll, berhasil mengubah taraf hidup manusia secara dratis. Inovasi tersebut memberi kekuatan kepada manusia untuk bisa mengeksploitasi dan memanipulasi sumber daya alam yang tersedia.

Pada akhirnya kita bisa melihat, harapan hidup manusia meningkat secara dratis dengan usia angka harapan hidup mencapai 60 tahun. Orang-orang mampu membeli pakaian dan makanan lebih baik. Banyak orang-orang yang memiliki rumah yang kualitasnya baik. Bisa dibayangkan kondisi ini relatif baru terjadi. Selama ribuan tahun kualitas hidup manusia bisa dikatakan stagnan.

Referensi: Economics for Dummies

Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Sejarah Singkat Ilmu Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel