Ringkasan Struktur Bakteri (Eubacteria) Beserta Fungsi dan Gambarnya

sumber: idschool.net

a. Struktur Bagian Luar Sel

Bagian luar sel bakteri terdiri atas kapsul,dinding sel, dan membran plasma.
  1. Kapsul, merupakan bagian paling luarberupa lapisan lendir. Kapsul berfungsi sebagai pelindung sel dan dapat digunakan sebagai cadangan makanan.
  2. Dinding sel, berfungsi untuk melindungi dan memberi bentuk pada sel bakteri. Dinding sel tersusun atas hemiselulosa dan senyawa peptidoglikan (protein danasam amino). 
  3. Membran sitoplasma, tersusun atas lapisan lipoprotein (fosfolipid dan protein) yang bersifat permeabel dan berperan untuk mengatur keluar masuknya zat-zat di dalam sel bakteri.
b. Struktur Bagian dalam Sel
Bagian dalam sel bakteri terdiri atas DNA, mesosom, ribosom, plasmid, dan endospora.
  1. DNA, merupakan mate­ri inti genetiksebagai pembawa sifat pada makhlukhidup, khususnya bakteri.
  2. Mesosom, merupakan bagian dari membran sitoplasma yang mengalami pelipatan . Mesosom berperan dalam sintesis dinding sel serta pada pembelahan nukleus (inti sel).
  3. Ribosom, merupakan bagian dari organel sel yang berperan utama dalam proses sintesis protein di dalam sel.
  4. Plasmid, berbentuk seperti cincin,terdapat di dalam sitoplasma, dan berfungsi sebagai alat pertahanan sel terhadap lingkungan yang ekstrim.
  5. Endospora , merupakan spora/struktur yang berdinding tebal yang terbentuk saat kondisi lingkungan tidak menguntungkan bagi bakteri (panas,dingin, dan kering). Endospora akan kembali menjadi sel bakteri saat kondisi lingkungan membaik. 
  6. Flagela, merupakan alat gerak bakteri dengan bentuk seperti rambut dan tersusun atas senyawa protein yang bernama flagelin. Jumlah dan letak flagela dijadikan salah satu dasar penggolongan bakteri.
  7. Pili, Pili memiliki bentuk seperti benang filamen dan banyak dimiliki oleh bakteri gram negatif. Ukurannya lebih kecil, pendek, dan lebih banyak dari flagela. Pili tidak berfungsi sebagai alat gerak melainkan sebagai gerbang masuknya bahan genetik selama berlangsungnya proses konjugasi.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Ringkasan Struktur Bakteri (Eubacteria) Beserta Fungsi dan Gambarnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel