Faktor-Faktor Penunjang Kemajuan Ekonomi


Kehidupan ekonomi manusia dalam 250 tahun ini jauh lebih baik dari pada masa sebelum-sebelumnya. Hal ini didorong oleh kemajuan teknologi dan inovasi. Ada pertanyaan yang mungkin menggelitik dibenak Anda, mengapa masyarakat yanng maju teknologi dan inovasinya tidak muncul lebih awal?

Orang Yunani kuno sudah menemukan mesin uap sederhana dan mesin penjual yang menggunakan koin. Mereka bahkan mengembangkan prototipe komputer. Tetapi mereka tidak pernah berhasil mencapai revolusi industri dan mempunyai rata-rata pertumbuhan ekonomi yang positif.

Revolusi industri malahan terjadi pada abad 18 di Inggris. Revolusi industri yang mula-mula terjadi di Inggris ini memberikan pengaruh besar terhadap peradaban manusia abad ini. Lantas apa yang membedakan antara Zaman Yunani Kuno dan Abad 18 di Inggris. Padahal setiap zaman selalu melahirkan orang pintar. Berikut ini adalah alasannya:

1. Demokrasi
Demokrasi ini bukan hanya ditandai dengan adanya pemilu namun juga berbicara tentang hak politik, hak hukum, serta kewajiban setiap warga negara. Demokrasi ini memberikan kepastian bagi para pelaku usaha ekonomi. Mereka tidak risau ketika mereka menginvestasikan uang mereka di negara demokratis. Negara demokratis menjamin hak-hak kepemilikan setiap warga negara. Inggris walaupun bentuk pemerintahannya bersifat monarki tapi tetap menerapkan azas-azas demokrasi dalam negaranya. kestabilan negara ini membuat banyaknya akumulasi modal yang terkumpul, dan orang-orang pintar yang mengembangkan inovasi dan teknologi merasa terjamin.

2. Perseroan Terbatas
Struktur bisnis membuat para investor hanya mengeluarkan sejumlah uang mereka yang memang ditunjukan untuk investasi. Para investor tidak bertanggung jawab untuk setiap hutang perusahaan yang tidak mampu dibayar. Bentuk perseroan terbatas ini mengurangi reksiko dalam berinvestasi. Adanya aturan tersebut pada akhirnya membuat banyak orang-orang menginvestasikan modal yang mereka punya di berbagai perusahaan.

3. Hak Paten
Hak paten ini melindungi para inovator agar karya mereka tidak bisa dipakai dan dicuri begitu saja. Para inovator ini lah yang merupakan motor utama ekonomi modern. Dengan adanya hak paten, para inovator mempunyai kepastian hukum. Mereka akan terus membuat inovasi terbaru karena mereka merasa terlindungi dan bisa mengkomersilkan karya mereka. Salah satu negara yang begitu getol dalam hak paten adalah Amerika Serikat.

4. Pendidikan
Dahulu kala pendidikan hanya bisa dinikmati oleh kalangan bangsawan. Pada zaman sekarang pendidikan bisa dinikmati oleh semua kalangan. Pendidikan pada saat ini amat dibutuhkan karena menghasilkan tenaga-tenaga terampil. Pendidkan ini merupakan kunci penguasaan teknologi yang amat dibutuhkan untuk mempertahankan pertumbuhan ekonomi.

Referensi: economy for dummies
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Faktor-Faktor Penunjang Kemajuan Ekonomi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel