Tracking Backlink Dengan Ahrefs

Salah satu SEO tool favorit saya adalah ahref. Kenapa saya menyukai ahrefs? Karena ada satu fiturnya yang menurut saya powerfull yaitu backlink checker nya. Menurut saya ahref mempunyai fitur lengkap dalam pengecekan backlink sebuah website. Baik itu website kepunyaan kita atau pun kepunyaan orang lain.Untuk menikmati ahrefs paling tidak kita harus mengeluarkan uang $99 paling murah, dan $999 paling mahal. Dibayarkan setiap sebulan sekali.
Saya biasanya menggunakan fitur backlink untuk mematai-matai website kompetitor saya. Backlink jenis apa yang dipakai oleh kompetitor saya? dan berapa jumlah backlink seluruhnya? Dengan mengetahui kekuatan lawan maka saya bisa membuat strategi kedepan bagaimana cara mengalahkannya. Alih-alih kadang saya pun meniru pola backlink yang dipasang oleh kompetitor hehe.

Saya menganggap bahwasannya SEO itu memang butuh modal. Pembuatan konten yang konsisten itu memang sangat perlukan tapi kita paling tidak belajar juga ilmu tentang SEO agar kita memenangi pertempuran. Saya termasuk orang yang agak skeptis jika seorang master dalam dunia blogging atau dunia digital marketing yang mengatakan "SEO itu tidak penting". Saya menganggap omongan itu berusaha untuk menjauhkan para pemula untuk belajar SEO lebih jauh lagi.

Salah satu unsur SEO yang menurut saya masih relevan dan penting adalah backlink. Ingat dalam hal ini bukan backlink yang beracun. Disini saya akan menjabarkan betapa lengkapnya fitur ahrefs untuk pengecekan backlink sebuah website. Ketika kita melakukan site audit di ahrefs pada sebuah website maka akan muncul informasi yang memberitahukan berapa backlink yang terpasang pada sebuah website yang kita periksa. Kita bisa lihat gambar di bawah. Saya menggunakan blog mastimon sebagai contoh.
Di SEO tool lain ini sudah biasa dan lumrah ditemui. Oke ini baru permukaannya saja. Kita lanjut pada bagian menu yang memang khusus SEO. Hal ini sekaligus menujukan ahrefs lebih unggul dalam pengecekan backlink sebuah website. Ini merupakan gambar tampilan menu khusus backlink. Disini terlihat banyak tersedia tab-tab khusus untuk pengecekan sebuah backlink. Hal ini lah yang membuat ahrefs menurut saya berbeda dengan SEO tool lainnya. Kita akan membahasnnya dibawah.

Pertama, Ahrefs bisa mentracking backlink baik itu secara live, recent, maupun historical. Untuk mengetahuinya kita bisa mengkliknya. Pada contoh dibawah saya memilih historical.
Dengan fitur-fitur tersebut kita bisa mentracking lebih jauh lagi ke belakang  backlink apa saja yang menempel pada website kita atau pun kompetitor kita. Selain itu fitur recent membuat kita tahu backlink terbaru yang terpasang dalam beberapa hari ini. 

Setelah itu ada fitur jenis-jenis backlink. Bagi saya inilah yang membuat ahrefs begitu powerfull dalam menganalisis backlink sebuah situs. Dengan fitur ini bisa dikatakan, kita sudah memetakan backlink kompetitor secara langsung. Terlihat jelas pada gambar di bawah:
Dengan data tersebut maka kita bisa melakukan analisis backlink kompetitor secara mudah. Kita  bisa tahu jenis backlink apa yang paling banyak digunakan oleh kompetitor kita? Apakah backlink tersebut sengaja dibuat atau memang tercipta secara natural? apakah kumpulan backlink tersebut berkualitas? Anda silahkan menganalisisnya sendiri.

Setelah itu ada fitur backlink checker yang keren dari ahrefs adalah analisis backlink dari domain negara. Oke lebih mudahnya lihat gambar dibawah masih dalam situs yang sama yaitu mastimon.
Disini saya memilih negara Jerman. Terlihat situs mastimon memasang backlink pembuatan konten di situs Jerman. Seperti yang kita tahu domain internet Jerman adalah "de". Paling tidak dari fakta kecil ini kita tahu bahwasannya mastimon juga memasang backlink tidak hanya sekedar menulis semata.

Ahrefs Powerfull bukan? Sebenarnya masih banyak lagi fitur ahrefs yang menurut saya juga powerfull. Kapan-kapan saya akan buatkan tutorial fitur-fitur ahrefs lainnya. Akhir kata, Semoga tutorial tracking backlink dengan Ahrefs ini bermanfaaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Tracking Backlink Dengan Ahrefs"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel