Dampak Ditemukan Komputer Dalam Bidang Pendidikan Positif dan Negatifnya

Komputer pada awalnya dibuat untuk keperluan perang, baik itu Perang Dunia II dan Perang Dingin. Dalam perkembanganya komputer beserta teknologi pendukung utamanya yaitu internet telah membawa dampak dalam berbagai bidang kehidupan, terutama dalam hal ini bidang pendidikan. Teknologi komputer telah banyak membawa dampak dalam bidang pendidikan baik itu positif atau pun negatif.

Berikut ini adalah dampak ditemukan komputer dalam bidang pendidikan dari sisi positifnya

a. Memudahkan pencarian informasi

Dengan hadirnya komputer dan internet semakin memudahkan para pelajar dan akedemisi dalam mencari ilmu dan pengetahuan. Sebelum adanya teknologi komputer dan internet mereka mencari informasi secara manual di perpustakaan. Salah satu mesin pencari yang dipakai oleh mereka adalah google. Google sendiri menyediakan direktori informasi yang dicari oleh para penggunanya. Informasi yang dicari muncul dalam hitungan persekian detik.

b. Munculnya e-learning

Hadirnya teknologi komputer semakin memudahkan para guru dan siswa dalam kegiatan belajar mengajar. Kegiatan belajar bisa berbasiskan e-learning dengan memanfaatkan kecanggihan teknologi komputer. Seperti pembelajaran berbasikan e-paper, pembelajaran berbasiskan video interaktif, pembelajaran visualisasi 3D, dll.

c. Pembelajaran jarak jauh

Ditengah masa pandemi corona teknologi komputer beserta internetnya telah mempopulerkan pembelajaran jarak jauh berbasikan pertemuan video langsung. Pembelajaran jarak jauh ini membutuhkan jaringan internet sebagai pendukungnya. Pembelajaran jarak jauh ini telah membantu pelajar dan akademisi agar tetap terhubung dan mengadakan kegiatan belajar mengajar meskipun disituasi wabah corona.

d. Komputer sebagai media pendukung penelitian

Banyak para pelajar dan akademisi sebagai alat bantu dalam penelitian yang sedang didalami. Komputer sendiri mampu membuat perhitungan cepat serta melakukan proses analisis data demi kepentingan penelitian. Salah satu contohnya adalah penggunaan komputer dalam upaya mendaratkan manusia ke bulan.

Namun bagaimanapun komputer sendiri mempunyai dampak negatif dalam bidang pendidikan yaitu:

a. Malas mencari informasi lebih mendalam

Dengan hadirnya teknologi komputer dan internetnya membuat para sebagian siswa dan akademisi merasa mencari informasi begitu mudahnya di di google. Hal tersebut membuat mereka malas mencari informasi lebih dalam lagi atau lebih spesifik lagi. Mereka mempercayai begitu saja informasi yang tampil pada halaman pertama. Padahal informasi yang tampil di internet harus dikritisi terlebih dahulu.

b. Tindakan plagiarisme

Hadirnya teknologi komputer dan internet memudahkan para pelajar dan akademisi melakukan tindakan plagiarisme atau pencurian karya seseorang yang mana diakui sebagai miliknya. Hal ini hadir karena adanya teknologi copy-paste pada komputer. Tindakan ini merupaan tindakan tercela dalam dunia pendidikan dan sudah tidak bisa dikatakan seseorang sebagai akademisi jika benar melakukannya.

c. Kecanduan

Kecandua teknolog komputer dan internet beragam jenisnya. Karena pada dasarnya teknologi komputer dan internet bukan saja menyediakan informasi untuk pendidikan saja, namun juga hiburan seperti game, layanan streaming, music, dll. Hal ini membuat para pelajar dan akademisi bukannya untuk memanfaatkan untuk kepentingan pendidikan malah mencari hiburan. Alih-alih malah membuat kecanduan.

d. Akses Konten Negatif

Selain akses hiburan ada akses-akses konten negatif di internet seperti pornografi dan kejahatan. Adanya konten tersebut karena internet sendiri bersifat bebas dan tidak ada kontrol. Hal ini membuat para pelajar nantinya melakukan tindakan menyimpang. Oleh sebab itu perlu peran keluarga, lembaga pendidikan, dan pemerintah, untuk senantiasa mengawasi akses internet yang dilakukan oleh para siswa dan akademisi untuk mencegah terjadinya perbuatan yang menyimpang.

Pada dasarnya setiap penemuan manusia itu membuat dampak positif dan negatif, termasuk dalam hal ini komputer. Komputer telah banyak membantu manusia terutama dalam bidang pendidikan. Dampak negatif pun timbul beriringan. Namun dampak negatif tersebut tetap bisa ditangani.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Dampak Ditemukan Komputer Dalam Bidang Pendidikan Positif dan Negatifnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel