Cara Memperbaiki RAM Pada Laptop Atau Komputer

RAM (Random Access Memory) mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan data sementara pada saat software/aplikasi komputer sedang berjalan. Semakin besar kapasitas RAM maka semakin banyak data yang bisa dikelola secara bersamaan (multitasking). Dari penjabaran sederhana tersebut kita tahu bahwasannya RAM memegang peranan vital dalam komputer atau pun laptop.

Terkadang kita akan mengalami kerusakan RAM. Dimana kerusakan RAM pada laptop atau pun komputer sangat mengganggu. RAM laptop mulai menunjukan kerusakan ketika ciri-ciri dibawah ini bermunculan:

  1. Ketika menyalakan komputer atau pun laptop tidak menampilkan display booting. 
  2. BOD (Blue Screen of the Dead) pada Laptop atau pun Komputer
  3. Laptop atau pun komputer restart dengan sendirinya
  4. Komputer atau pun laptop terasa berat ketika di operasikan.
RAM laptop sendiri bisa dikatakan komponen yang sensitif dan kadang kala memang suka mengalami kerusakan. Namun ada cara-cara untuk membenarkan RAM yang rusak tersebut. Untuk Cara pertama kita harus memastikan apakah RAM sudah terpasang benar. Biasanya akan nampak terlihat bahwasannya RAM tidak dipasang dengan betul ini terlihat RAM tidak longgar. Sekarang cabut RAM nya dan pasang kembali.

Cara kedua adalah menggosok RAM dengan penghapus. Kenapa perlu digosok? Salah satu kerusakan RAM adalah karena RAM tersebut kotor. Hal tersebut membuat komputer atau pun laptop tidak bisa membacanya. Apakah perlu menggosok keselurahan RAM? tidak perlu kita hanya perlu menggosokan hapusan pada pinnya. Ingat pinnya yang berwarna emas fungsinya sebagai jalur penghubung utama dengan motherboad laptop atau pun komputer. Ingat juga penghapusan tidak harus merk tertentu yang terpenting penghapus pensil. Untuk jelasnya bisa lihat gambar dibawah. 
Cara Memperbaiki RAM Pada Laptop Atau Komputer
gosok bagian itu sampai terlihat jauh lebih bersih dari kondisi sebelumnya.

Bagaimana kedua cara tersebut jika tidak berhasil juga? Mudah saja, Anda cukup mengganti RAM baru, dan RAM lama sudah dipastikan tidak bisa digunakan lagi alias rusak total. Membeli RAM memang cukup menguras uang. Agar tidak terus-terusan mengeluarkan uang untuk membeli RAM ada baiknya membeli RAM yang garansinya life time Warranty alias garansi seumur hidup. Jadi, jika RAM yang kita miliki rusak bisa digantikan dengan RAM baru tanpa mengeluarkan biaya lagi.  Salah satu vendor RAM  terkenal yang mengeluarkan garansi seumur hidup adalah v-gen. Pada RAM V-gen ada stempel khusus garansi seumur hidup. Jangan sampai hilang stempel tersebut. Jika hilang maka tidak bisa ditukar.
Cara Memperbaiki RAM Pada Laptop Atau Komputer
gambar segel yang bertuliskan V-GeN

Semoga tutorial ini bermanfaat.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Cara Memperbaiki RAM Pada Laptop Atau Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel