Cara Melihat RAM Laptop atau Komputer

Melihat RAM sendiri mempunyai dua makna yaitu melihat secara tampilan fisik atau melihat secara tampilan non fisik, biasanya melihat berapa ukuran RAM dan jenis apa yang dipakai. Pada tutorial ini akan dibahas bagaimana cara melihat RAM baik itu laptop atau pun komputer, baik itu fisik atau pun non fisik.

Pertama kita akan melihat secara fisik. Biasanya ketika kita ingin melihat fisik tujuannya untuk mengganti RAM nya, baik diganti karena rusak atau pun karena ingin upgrade ukurannya. Pertama kita akan melihat di laptop. Untuk melihat RAM laptop maka kita harus membuka casing laptopnya terlebih dahulu. Laptop biasanya mempunyai dua tipe pertama laptop model lama dan yang kedua laptop model baru.

Pada laptop model lama untuk melihat RAM terhitung mudah. Caranya pertama balikan laptop terlebih dahulu. Posisi RAM tepat berada di belakang laptop. Untuk melihatnya kita membutuhkan obeng kecil. Obeng ini untuk membuka casing yang menutupi RAM. Untuk lebih jelasnya lihat gambar yang ada dibawah.
gu-buk.net
Pada gambar tersebut terlihat jelas RAM nya. Laptop saya hanya tersedia satu slot RAM saja.

Sedangkan untuk laptop model baru jauh lebih rumit membukanya dan harus lebih berhati-hati. Karena biasanya RAM jauh berada di dalam mesin laptop. Lebih mudahnya Anda bisa mencari tutorialnya di youtube, sesuaikan dengan jenis laptop yang Anda pakai. Kalau tidak ada juga silahkan cari tutorialnya dengan menggunakan keyword bahasa Inggris.

Selanjutnya membuka melihat RAM pada komputer. Pada dasarnya melihat RAM di komputer jauh lebih mudah. Pertama yang harus dilakukan adalah membuka casing CPU. Setelah itu akan terlihat Jelas letak RAM nya. RAM pada komputer biasanya berbentuk lebih panjang. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah.
gu-buk.net
Dari gambar disebut diketahui kalau saya hanya memakai satu slot RAM saja dan satunya saya biarkan kosong.

Nah sekarang terakhir, kita akan melihat RAM laptop secara nonfisik. Bagamana caranya? Kita akan membutuhkan aplikasi bernama Speccy. Silahkan download disini. Instalnya hanya cukup tekan next dan next saja sampai nanti finish. Ketika sudah selsai menginstall sekarang tinggal jalankan saja dan tampilannya akan seperti ini.
Terlihat bahwasannya kalau saya memakai RAM sebesar 4GB dan jenisnya adalah DDR3 dengan speed sebesar 665Hz.

Semoga tutorial ini bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Cara Melihat RAM Laptop atau Komputer"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel