Belajar Python Gratis: Python Functions

Salah satu bagian terpenting dalam pemrograman adalah fungsi. Fungsi memudahkan kita untuk memudahkan tugas tanpa perlu menulis ulang secara terus menurus kode program. Misalnya kita ingin membuat fungsi penambahan. Akan lebih mudah jika kita menulis fungsi daripada menulis satu persatu 1 + 1, 2 + 2, 4 + 4, dll. Fungsi dalam python ditulis dengan sintak def dan diakhir dengan tanda :. Pada tutorial kali ini saya menggunakan software Anaconda navigator(lihat cara install dan penggunaanya disini) untuk menuliskan contoh-contohnya.

Contoh fungsi pada python seperti dibawah:
Penjelasan Singkat:
a. Mendefinisikan fungsi pertambahan dengan paramater x.
b. Fungsi tersebut berisikan perintah tambahkan masing-masin nilai x
c. Panggil dan gunakan fungsi dengan memanggil pertambahan(2). Nilai 2 disini merupakan parameter dan akan ditambakan dua juga.
d. Hasilnya akan keluar 4. Begitu juga ketika kita akan memanggil 5 keluar hasil 10
e. Fungsi pertambahan2 mempunyai parameter x dan y yang mana keduanya nanti saling ditambahkan sesuai dengan perintah fungsi.
f. kita bisa lihat ketika memanggil fungsi pertambahan2(100, 7) keluar hasil 107 ini merupakan hasil dari 100 + 7 = 107.

Parameter Pada Fungsi

Fungsi pada python pada umumnya membutuhkan parameter atau istilah mudahnya input. Kita bisa lihat pada contoh diatas fungsi pertambahan mempunyai parameter x. Parameter pun bisa lebih dari satu. Pada contoh dibawah saya memakai tiga parameter. 
Dalam paramater ada yang namanya default parameter. Default ini mudahnya nilai yang otomatis diberikan jika tidak ada input yang diberikan pada fungsi. Sebagai contohnya dibawah.

Kita bisa lihat diatas saya hanya memasukan subjek saja tanpa memasukan paramater coding. Nilai otomatis yang muncul adalah "python". Ketika saya memasukan PHP maka secara otomatis nilai defaultnya tergantikan. 

Variabel lokal dan global dalam Fungsi

Dalam python variabel yang dibuat di dalam fungsi disebut sebagai variabel lokal. Variabel lokal ini tidak bisa digunakan diluar fungsi. Untuk mengetahuinya secara pasti saya akan memberikan contohnya.
nilai y tidak bisa ditampilkan karena berada dalam fungsi localvariabel.  Pada sintak str(y) merupakan perintah untuk menjadikan nilai y menjadi string. Jika tidak berikan fungsi str maka akan error. Sebab tipe data int tidak bisa langsung dicampuradukan dengan tipe data string.

Global variabel merupakan variabel yang bisa dipanggil baik didalam fungsi atau pun diluar fungsi. Untuk lebih mengerti kita bisa melihat contoh dibawah:

Oke sampai segitu saja tulisan tentang fungsi pada python. Semoga tulisan ini bisa membawa manfaat bagi kita semua. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Python Gratis: Python Functions"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel