Belajar Javascript Gratis: Syntax Dasar Javascript

Salah satu bahasa pemrogaman yang sedang naik daun dan populer untuk pembuatan berbagai macam aplikasi baik itu aplikasi handphone atau pun web adalah javascript. Javascript yang tadinya merupakan bahasan pemrograman penunjang saja dari pembuatan suatu proyek kini telah berubah menjadi bahasa pemrograman yang powerfull. sekarang javascript bisa untuk membuat frontend, backend, aplikasi smartphone, bahkan machine learning.

Pada pembahasan kali ini kita akan masuk pengenalan Syntax dasar pada javascript. Sebagai bahan praktek kita hanya perlu menggunakan google chrome saja. sekarang buka new tab pada google chrome(ingat di PC). Lalu tekan  ctrl + shift + i. Akan muncul tampilan kurang lebih seperti dibawah.

Sekarang kita ketikan clear() dan tekan enter di tanda panah tersebut . Lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

1. Console.log()
fungsi dari sintak tersebut adalah menampilkan pesan pada layar. Pesan tersebut bisa berupa object, array, dll. Untuk lebih jelasnya lihat contoh dibawah.  Pada percobaan tersebut saya menampilkan pesan "tampan dan berani".

2. Komentar
Dalam penulisan program asli biasanya pada source code akan ditampikan sebuah komentar yang biasanya berisikan penjelasan-penjelasan kode yang ditulis. Komentar sendiri tidak akan dijalankan oleh javascript atau pun ditampilka pada layar. Pemberian komentar pun pada javascript mempunyai dua cara yaitu single comment dan multi-line comments. Pada single dipakai tanda //, sedangkan pada multi-line digunakan /* sebagai pembuka dan penutupnya adalah */. Untuk lebih jelasnya bisa dilihat gambar dibawah.

3. Variabel
Merupakan suatu nama yang memiliki nilai dan nilainya tersebut bisa diubah. Dalam javascript penulisan variabel menggunakan syntax var atau pun let. nilainya pun bisa diubah-ubah. Pada contoh gambar dibawah sama memberikan variable tempe dengan nilai  5 dan saya tampilkan. Selanjutnya saya mengubah nilai tempe tersebut menjadi 4 dan ternyata berubah. Sama halnya dengan dengan variabel tahu yang saya tulis dengan sytanx let. Awalnya nilainya adalah adalah dua, lalu saya ubah menjadi empat. Lihat pada gambar dibawah untuk lebih jelasnya:


4. Konstanta
Seperti yang diketahui bahwasannya konstanta dalam matematika merupakan suatu nilai yang diberikan yang tidak bisai diubah. Mudahnya seperti ini, seperti yang kita tahu nilai konstanta PHI adalah 3.14.  Hal ini sudah mutlak dan tidak bisa diubah. Dalam javascript pun seperti itu. Nilai konstanta yang diberikan tidak bisa diubah. Untuk lebih jelas lagi lihat gambar dibawah.
Terlihat saya membuat konstanta bernama aku dan berisikan "tampan". Disini saya coba tampilkan dan berhasil muncul kata tampan. Saya akan ubah nilai aku menjadi "jelek". Hasilnya seperti apa? Ternyata tidak berhasil menampilkan pesan error. Disini seperti yang kita tahu konstanta nilainya tidak bisa diubah.

5. Operator Matematika
Dalam bahasa pemrograman juga berlaku operasi matematika dan sering kali digunakan. Operator matematika mencakup, pertambahan, pengurangan, pembagian, perkalian, modulus, dll. Lihat gambar dibawah untuk lebih jelasnya.
Mungkin timbul dua pertanyaan. Pertama mengapa simbol perkalian bukan memakai x? Pemrograman apapun termasuk javascript memakai simbol * . Pertanyaan kedua adalah simbol % itu apa? Itu modulus. Jadi modulus operator yang mencari hasil sisa bagi suatu bilangan. Seperti contoh pada diatas 9 dibagi 2 menyisakan hasil 1.

Oke sampai segitu tutorialnya dulu. Semoga tutorial ini bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Javascript Gratis: Syntax Dasar Javascript"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel