Alasan Mengapa SEO Itu Penting

SEO bukan sekedar cara untuk menaikan halaman yang kita punya agar masuk dalam pencarian teratas google. SEO merupakan sebuah proses panjang yang dibangun dengan kesabaran dan senantiasa belajar. Percayalah ilmu SEO merupakan ilmu yang menuntut kita belajar terus menerus tanpa henti. Tidak ada pakem pasti dan ilmu ini tidak bisa dikurikulumkan untuk pembelajaran di sekolah atau pun lembaga pendidikan lainnya.

SEO juga merupakan cara agar situs yang kita punya bisa bertahan di mesin pencari google dan pada akhirnya kita berhasil menjadi yang teratas. Siapa pun yang mengelola sebuah situs ada baiknya mengetahui yang namanya SEO. Mungkin tidak diperlukan bagi orang yang mengelola situs hanya untuk profil pribadi atau perusahaan. Sepenting apakah SEO? Menurut saya penting sekali terutama yang mencari uang lewat internet.

Secara umum SEO dibagi menjadi dua yaitu off-page dan on page. on-page sendiri lebih mengarah pada optimalisasi yang dilakukan dalam sebuah situs atau website. Sedangkan off-page lebih mengarah keluar seperti promosi media sosial dan pencarian backlink. Semua itu harus dilakukan secara sinambung dan secara konsisten. Semua informasi tentang SEO on-page atau pun off-page berterbaran di internet. Anda bisa mencarinya

Jika Anda ditawari oleh seseorang atau pun perusahaan yang menawarkan dan  menjanjikan bahwasannya hanya dalam tempo singkat situs atau web Anda akan nomor satu. saya pastikan itu semua bullshit. Mesin pencari google merupakan mesin yang selalu update algoritma pencariannya. Inilah pengetahuan dasar yang mesti kita miliki oleh para ahli SEO atau pun yang ingin belajar SEO. Bisa dilihat disini algoritma google 2020. Singkatnya google memprioritaskan kualitas konten yang baik pada halaman pertama pencariannya. Saya sudah pastikan penawar tersebut hanya menjual jasa backlink saja. Anda harus berhat-hati dengan backlink banyak backlink beracun yang dijual. Selain itu backlink bukan faktor utama sebuah situs akan tampil di pencarian teratas.

Ingat algoritma google 2020 memprioritaskan konten. Banyak diluar sana website yang tidak mempunyai backlink tapi muncul dipencarian teratas. Ini semua karena google lebih memprioritaskan kualitas konten. Oleh sebab itu, muncul tren baru saat ini yaitu SEO konten dikalangan praktisi SEO. Bukan berarti saya mengesampingkan backlink, saya sendiri memakai backlink namun saya mencari backlink yang berkualitas dan sebisa mungkin backlink yang saya dapatkan natural.

Sebenarnya ada bagian terpenting dari ilmu SEO yang jarang orang bagikan oleh para praktisi SEO. Saya akan memberitahukannya dan ini jawaban utamanya mengapa SEO itu penting? Jawabannya adalah data. Dua tool dasar dalam melakukan SEO adalah google search console dan google analytic. Dari data tersebut kita bisa mengetahui rincian tentang website yang kita punya. Apa saja perkembangannya? Apa saja yang bermasalah? dll. Dengan mengetahui data tersebut kita bisa melakukan perencanaan dan strategi apa yang kita gunakan kedepannya.

Selain itu, dua platform tersebut kita bisa menggunakan SEO tool. Para ahli SEO baik yang bekerja di perusahaan atau pun bekerja sendiri pasti  menggunakan SEO tool. Saya sendiri menggunakan SEO tool walaupun sudah tidak bekerja lagi diperusahaan SEO. Data yang tersedia di SEO Tool jauh lebih lengkap. Contohnya kita bisa mengetahui berapa ranking website kita? Halaman yang kita punya ada diurutan berapa? Sayangnya SEO tool ini sendiri terhitung mahal dan cukup menguras kantong. Ini semua karena data memang mahal. Data merupakan komponen terpenting dalam bisnis digital. Lihat pada gambar dibawah harga SEO tool Semrush yang menurut saya SEO tool terbaik yang pernah ada.
Kurang lebih kita harus mengeluarkan uang 1.5 juta rupiah perbulan hanya untuk paket termurah alias paket freelance. Mengapa mahal? Karena data memang mahal. Mustahil membuat strategi perencanaan tanpa data. Data yang sudah didapatkan lalu diolah sedemikian mungkin. 

Apakah bisa dipelajari SEO secara otodidak? Bisa, saya belajar SEO pun otodidak dan sifatnya trial and test. Tapi proses belajar ini panjang dan pengalaman yang bermain. Anda tidak mungkin menjadi ahli dalam bidang SEO dalam tempo seminggu dan dua minggu. Saya tidak pernah mempercayai lembaga pendidikan yang menjanjikan janji surga menguasai SEO dalam tempo singkat. Ilmu SEO merupakan ilmu berbasikan pengalaman dan tentang pengelolahan data. Saya pun hingga saat ini tidak pernah mengklaim sebagai ahli, karena SEO ilmu yang sangat dinamis dan menuntut kita terus belajar. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Alasan Mengapa SEO Itu Penting"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel