Penerapan Data Sains dalam Bidang SEO

Pada pembahasan kali ini saya akan membagikan tutorial penerapan data sains dalam bidang SEO. Salah satu library populer data sains yang kita akan gunakan adalah pandas. Library ini menurut saya powerfull untuk mengalisis data SEO. Seperti yang kita tahu pekerjaan bidang SEO sendiri erat kaitannya dengan data. Tutorial ini sendiri masih bersifat sederhana namun bermanfaat. 

Saya membuat tutorial ini sendiri karena saya telalu pusing melihat data yang terlalu banyak yang ditampilkan oleh SEO tool. Data-data tersebut sebagian saya tidak butuhkan. Akhirnya saya menyeleksi sendiri data tersebut agar sesuai keinginan saya dan sesuai apa yang saya cari. Akan lebih baik jika Anda mempunyai dasar pengetahuan tentang bahasa pemrograman python. Untuk mempermudah saya akan memberikan gambarnya juga.  Oke langsung saja:

1. Download data dari situs SEO tool. Situs SEO tool sendiri banyak sekali. Anda bebas memilih. Hampir semua berbayar. Namun sebagian ada yang free trial. Saya anggap Anda sudah mengerti cara mendownload. Saya sendiri menggunakan ubersuggest premium agar bisa mendownload data risetnya. Disini sebagai contoh kasus saya menggunakan data hasil riset keyword di ubersuggest. Saya mengambil kasus keyword "simak ui". Mendownload di ubersugget dengan  mengklik "Export to CSV".

2. Pastikan PC Anda terinstall Anaconda Navigator. Saya tidak akan memberitahukan operasionalnya. Saya anggap Anda sudah mengerti. Jika ingin tutorial lengkap Anaconda Navigator klik disini

3. Pastikan Anda sudah masuk dalam Jupyter Notebook. Oke saya sudah mengubah nama file hasil download menjadi simak.csv. Kita perlu libray pandas untuk membaca dan menganalisa lebih lanjut. Langkah selanjutnya adalah mengimport library dan memberikan variabel terhadap data yang dibaca. Saya memberikan variabel dengan nama simak_ui. 

4. Oke sekarang kita akan membaca data sebagian terlebih dahulu dengan mengetikan seperti gambar dibawah. 

5. Kita bisa lihat ada kolom No, keyword, search volume, cpc, paid difficulty, dan search difficulty. Selanjutnya saya ingin membuang kolom Paid Difficulty, dan Search Difficulty. Saya tidak membutuhkan dua kolom tersebut. Ingat Python bersifat case sensitive. Jadi ketikan nama kolom yang ingin dihapus dengan benar termasuk huruk kecil dan besarnya. Ketikan seperti gambar dibawah dan jangan lupa tampilkan.

6. Sudah hilangkan. Saya hanya butuh tiga kolom disini. Selanjutnya saya disini ingin menyeleksi lebih spesifik lagi. Disini saya akan mencari di kolom Keyword yang berkaitan dengan "soshum". Saya tidak mungkin scroll sampai ke bawah untuk mencari kata soshum karena itu terlalu lama. Mencari dengan ctrl+f juga tidak efisien. Oleh sebab itu ketikan seperti gambar dibawah. 
7. Lebih ringkaskan. Sekarang saya ingin mencari volume pencarian (Search Volume) lebih dari 1000 tetapi kurang 2000. Apakah bisa? Tentu saja bisa. Anda bisa ketikan seperti dibawah. 
8. Mudah bukan. Library pandas sains telah memudahkan pekerjaan kita dalam bidang SEO. Oke sekarang contoh terakhir. Kita ingin mencari tahu keyword yang mengandung "soal" dan pencariannya lebih dari 200. Disini saya menggunakan logika AND python yang disimbolkan dengan "&". Oke, Anda bisa ketikan seperti dibawah. 

Oke segitu saja tutorial dari saya. Semoga tutorial penerapa data sains dalam bidang SEO bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Penerapan Data Sains dalam Bidang SEO"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel