Mencari Topik Konten Menggunakan Semrush

Salah satu tool SEO yang powerfull sekaligus terbaik adalah semrush. Tool ini sendiri merupakan tool umum yang dipakai oleh para pekerja yang bergelut dalam bidang SEO atau SEM. Semrush sendiri bukan tool gratis. Anda bisa menikmati tool tersebut dengan harga paling murah 100 dollar/bulan, sampai paling mahal 400 dollar. Tool tersebut memang pada umumnya dipakai oleh perusahaan penyedia SEO.  Banyak fitur-fitur yang powerfull yang sangat membantu pekerjaan dalam bidang SEO. Salah satunya adalah dalam pencarian topik. Pada tulisan kali ini saya akan memberikan tahukan tutorial pencarian topik dengan menggunakan semrush.

1. Tentukan keyword

Disini tentukan kata kunci/keyword yang Anda incar terlebih dahulu. Sesuaikan dengan keinginan Anda atau sesuaikan dengan nice blog Anda. Oke saya sendiri menggunakan contoh keyword SIMAK UI.

2. Memasukan keyword. 

Pada bagian sidebar sebelah kiri tepatnya Dashboard cari menu Topic Research. Masukan keyword yang Anda kehendaki. Setelah itu cocokan dengan negara yang ingin dituju. Disini saya memasukan keyword SIMAK UI dan negaranya adalah Indonesia.  Setelah itu klik Get content ideas. Contoh bisa Anda lihat seperti gambar di bawah.

3. Sabar dan Tunggu Hasil

Biarkan semrush bekerja. Semakin cepat koneksi internet Anda semakin baik dan cepat semrush bekerja. Nantinya akan muncul hasil berupa mindmap, overview, explorer, cards.
Gambar diatas merupakan hasil mindmap. Anda bisa mengambil topik dari mindmap tersebut. Walaupun saya sendiri sejujurnya tidak begitu suka dengan format mindmap karena pusing membacanya. 

Gambar diatas merupakan overview. Saya lebih suka menggunakan data seperti format diatas karena lebih enak dibaca. Anda bisa mendapatkan topik dari headline by backlink atau pun 10 Interesting Questions. Dari sini Anda bisa mengembangkan judul dan tulisan.


Diatas adalah fitur Cards. Anda juga bisa menemukan inspirasi topik dari sini, sekaligus Anda bisa mengetahui berapa volume pencariannya disini. Misalnya dari fitur cards tersebut muncul "Bahasa Inggris". Disini Anda klik "show more". Anda akan diberikan topik baik itu berupa headline atau pun questions. Menurut saya dari fitur Topic Research hal ini yang paling powerfull dan memberikan banyak beragam ide.

Terakhir adalah Explorer. Fitur ini lebih ditunjukan untuk pantokan membuatkan konten (content Idea). Selain itu, menganalisis langsung para kompetitor kita dengan melihat interaksi media sosial facebook (Facebook Engagements), backlinks, dan total shares. Walaupun saya tidak tahu persis total share disini dihitung dari sosial media mana saja.

Oke sampai situ tutorial semrush yang saya berikan. Semoga bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Mencari Topik Konten Menggunakan Semrush"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel