Mampukah Kita Melawan Situs Besar?

Pada tahun 2016 saya memulai kegiatan blogging. Saya membuat blog sebagai wadah utama saya mendokumentasikan bahan ajar saya sebagai guru. Lama kelamaan saya mengetahui bahwasanya blog bisa menghasilkan uang. Lalu saya mendaftarkan situs saya ke google adsense pada tahun 2016. Hasilnya? Yah benar ditolak. Saya lalu tidak mati akal dan mencari alternatif lainnya. Saya sudah banyak menjajal pengiklan. Seperti linkshrink, popcash, poptm, sampai yang paling menghasilkan uang besar yaitu MGID. Mereka semua membayar dengan dollar

Kurang lebih 3 tahun saya mendapatkan kejayaan. Dari tahun 2017 sampai pertengahan tahun 2019. Dollar yang saya hasilkan lumayan cukup banyak. Pada oktober 2018 saya diterima oleh google adsense. Namun saya masih enggan melepaskan MGID saya. Karena menurut saya waktu itu jauh lebih menguntungkan memasang iklan MGID daripada google adsense. Awal tahun 2019 saya mencopot total MGID karena sudah tidak menguntungkan lagi. 

Namun ada satu masalah besar yang saya tidak sadari sejak awal tahun 2019 karena pada waktu itu saya sidang disibukan oleh skripsi. Situs-situs besar mulai menggurita. Saya bermain di niche pendidikan dan SBMPTN. Awalnya banyak tulisan saya rangking pertama di mesin pencari google. Namun lambat laun semuanya tenggelam. Kompetitor besar seperti zenius, ruangguru, dan quipper mulai menulis blog tidak hanya berjualan konten belajar saja. Alhasil blog saya tenggelam. Seperti tulisan pola keruangan kota yang selama 2 tahun menjadi peringkat 1,  turun drastis entah kemana. Belum lagi konten-konten lainnya.

Hal ini sebenarnya bukan saya saja yang mengalami tapi banyak blogger lainnya mengalami juga. Ketika saya jalan-jalan di grup blogger facebook banyak yang mengeluhkan kalau konten mereka perlahan mulai tenggelam. Ditenggelamkan oleh siapa? Tentunya bukan oleh Ibu Susi namun oleh media-media besar. Media-media besar kini tidak hanya menyajikan berita. Namun juga menyajikan konten-konten yang yang biasa ditulis oleh para blogger. Anda mau bukti? 

Lihatlah foto dibawah, media sebesar kompas pun tidak ketinggalan untuk menggarap materi sekolah tentang "organisasi pergerakan nasional". Bagaimana peringkatnya? Luar biasa, peringkat 2 ketika tulisan ini muncul. Tepat dibawah blog yang saya kelola.
Oke kita ke contoh lainnya dengan keyword lainnya "cara menjadi youtuber". Hasilnya seperti apa? Jengjeng ternyata yang menempati peringkat atas semuanya adalah situs berita. 

Begitu luar biasanya media disini. Semua ingin digarap, semua pencarian ingin di monopoli. Kembali kepertanyaan pada judul tulisan, Mampukah kita melawan situs besar? Menurut saya tidak mungkin kita melawan mereka. Kenapa bisa seperti itu? Mereka bekerja dengan tangan banyak. Sedangkan kita mungkin hanya dengan tim kecil 2-3 orang atau lebih pahitnya hanya sendirian saja. Mereka menang dalam hal kecepatan. 

Apakah ini berarti lebih baik kita pensiun saja dari dunia penulisan blogger? Jawabannya tidak. Disini kita masih memiliki peluang untuk tetap bertahan. Bagaimana caranya? Saya menyarankan Anda untuk tidak menggarap lahan besar lagi (volume pencarian bulanan tinggi). Bagaimana untuk tahu lahan tersebut besar atau tidak? Anda harus menggunakan SEO tool yang mempunyai fitur riset keyword. Anda bisa menggunakan versi gratis terbatas seperti ubersuggest contohnya. Jangan lupa buat akunnya terlebih dahulu.  

Ketika sudah berhasil membuat akun ubersuggest sekarang tugas Anda adalah menklik menu "keyword idead". Contoh saya memasukan keyword "cara menjadi youtuber"  nah saya disini akan mendapatkan hasil seperti dibawah. Lengkap dengan volume pencarianny, cpc, dan SEO difficult. 

Lantas langkah apalagi yang mesti dilakukan setelah itu? Promosi media sosial. Percuma Anda membuat konten bagus jika tidak ada orang yg melihat. Saran saya promosikan di grup facebook. Tapi ingat promosikan tulisan Anda di grup yang sesuai dan jangan terlalu mempromosikan. Yang ada malah di banned dari facebook.  Saran saya buatlah konten sebagus mungkin. Agar apa? Agar banyak orang yang membagikan konten Anda di media sosial. 

Saran terakhir dari saya. Jika Anda ahli dalam bidang sesuatu maka buatlah tulisan dalam bidang tersebut. Kenapa? ini semua karena algoritma E.A.T (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness). Jika Anda ingin tahu silahkan klik disini. Pada intinya buatlah blog atau situs yang memang Anda menguasainya. Blog ini pun saya perluas dengan tidak hanya menulis tentang yang berkaitan dengan pendidikan. Namun juga SEO, digital marketing, dan programming. Tema-tema spesifik dan khusus media besar sulit untuk menulisnya. Jadi ini bisa menjadi peluang. 

Itu saja dari saya, semoga tulisan ini bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Mampukah Kita Melawan Situs Besar?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel