Cara Melakukan Viral Marketing

Salah satu strategi ampuh dalam pemasaran produk atau pun jasa adalah dengan melakukan Viral Marketing. Istilah viral sendiri merupakan istilah yang lazim digunakan dalam internet. Viral berarti suatu berita atau informasi menyebar menyebar dan menjadi trending topic. Viral marketing sendiri sebenarnya sudah lama digunakan orang-orang dulu sebelum adanya internet.
sumber: picpedia.org
Seingat saya almarhum Bob Sadino pernah mempraktekan viral marketing dalam menjual produk telornya. Bagaimana caranya? Mulanya ia memberikan telor busuk kepada pelanggannya yang cerewet. Ia sengaja memberikannya. Ia tahu bahwasannya pelanggan tersebut akan protes nantinya. Ternyata betul ia protes keesokan harinya. Sebagai gantinya ia memberikan telor yang berkualitas baik dan memberikan bonus. Bob mengetahui bahwasannya orang cerewet tersebut pasti akan menceritakan kejadian tersebut ke banyak lingkaran pertemanannya.

Ternyata betul. Orang tersebut menceritakan pengalamannya kepada teman-temannya. Alhasil produk telor Bob lebih dikenal. Ia telah berhasil mempromosikan dagangannya secara gratis via orang cerewet. Nah ini bisa disebut sebagai viral marketing juga walaupun tidak ada media internet. Teknik viral marketing ini sendiri sangat cocok bagi Anda yang mempunyai budget iklan yang minim atau tidak punya sama sekali. Seperti yang diketahui biaya promosi digital cukup memakan banyak uang, baik itu melalui media sosial atau pun via google adwords.

Lantas bagaimana caranya untuk melakukan viral marketing? Sebenarnya prinsipnya sama dengan yang dilakukan oleh Bob Sadino. Anda harus mencari orang yg cerewet. Kalau sekarang ini tepatnya, Anda harus mencari teman yang aktif di media sosial dan mempunyai lingkaran pertemanan yang cukup banyak.

Sebelumnya pastikan produk dan jasa Anda mempunyai kualitas yang baik. Menilai baik atau tidak, Anda tidak bisa menilainya sendiri. Penilaian sendiri biasanya lebih bersifat subjektif. Sedangkan, orang lain lebih objektif. Biarkan orang lain memberikan penilaian yang jujur. Itu merupakan saran yang bagus dan kunci utama untuk mendapatkan kepercayaan untuk kedepannya. Setelah semua sudah baik baru Anda siap memasarkan.

Setelah memastikan semua baik, hubungi teman Anda yang cerewet dan mempunyai lingkaran pertemanan medsos yang banyak. Anda berikan produk Anda gratis terlebih dahulu, tapi pastikan Dia berjanji untuk mempromosikan kepada teman-temannya. Semakin produk atau jasa Anda mempunyai kualitas yang baik semakin ia semangat membagikan di medsosnya. Pada akhirnya teman-teman di medsosnya tertarik dengan produk yang Anda jual. 

Pada akhirnya produk Anda dipromosikan banyak orang dan viral. Kenapa bisa seperti itu? Ini sebenarnya lebih kepada kebiasaan generasi milenial saat ini. Ketika mereka mendapatkan suatu produk atau jasa yang keren, mereka akan memamerkannya di media sosial. Agar mereka terlihat keren dan semua lingkaran pertemannnya mesti tahu.

Segitu saja ilmu yang sedikit dari saya. Semoga ilmu ini bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Cara Melakukan Viral Marketing"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel