Cara Cepat dan Akurat dalam Mencari Informasi di Google

Kebanyakan orang saat ini mencari berbagai informasi apa pun di google. Dari mulai berita,  materi pelajaran sekolah,  tips kecantikan dan kesehatan,  hingga hiburan. Namun terkadang informasi yang ditampilkan oleh google tidak sesuai dengan kemauan kita. Tapi tenang saja, ada teknik-teknik tertentu dalam mencari informasi di google yang akan membantu kita untuk mendapatkan informasi secara cepat dan akurat di mesin pencarian google. Berikut ini adalah caranya:

1. Penggunaan Tanda minus (-)

Penggunaan tanda minus berartai mengecualikan suatu kata, baik itu berupa kata pencarian dan kata yang menunjuk suatu situs. Sebagai contohnya, kita coba mencari informasi tentang UTBK SBMPTN dengan keyword "UTBK SBMPTN -tribun" maka disini apa pun hasil pencarian yang ada kata tribunnya akan dihapus. Contoh bisa dilihat dibawah, dimana situs tribun tidak tampil lagi di hasil pencarian teratas. 
sebelum 
sesudah

2. Penggunaan tanda site:

Umumnya penggunaan site sendiri dipakai oleh para praktisi SEO untuk menganalisa sebuah situs. Namun teknik ini berguna juga jika dipakai oleh orang-orang, terutama untuk melakukan pencarian informasi di situs tertentu. Misalkan kita ingin mendapatkan informasi tentang simak ui di media kompas. Maka ketikan seperti ini mesin pencarian "site:kompas.com simak ui". Maka google akan menampilkan informasi simak ui dari media kompas saja. Contoh gambar bisa dilihat dibawah ini:

3. Pencarian rentang waktu

Bisa dikatakan cara ini merupakan fitur tracking dan sering digunakan oleh para netizen untuk mencari informasi yang lampau dari tahun ke tahun. Jika digunakan dalam penelitian, cara ini sangat bermanfaat sekali. Namun fitur ini seringkali disalahgunakan untuk mencari dosa-dosa orang di masa lalu. Tidak banyak orang menyadari bahwasannya google mempunyai fitur tersebut. Cara penggunaannya cukup mudah di bagian tab pencarian google ada menu tool atau alat dalam Bahasa Indonesia. Lalu pilih sub menu sembarang waktu dan scrool kebawah. Dalam bahasa inggris sub menu any time. Lalu untuk menentukan waktu spesifik pilih menu rentang waktu. Dalam bahasa inggris ada pada custom range. Untuk lebih mudahnya lihat gambar dibawah.

4. Tanda Kutip

Tanda kutip ini berfungsi sebagai pencarian informasi yang hanya mengandung kata tersebut. Oke sebagai contoh saya hanya ingin mencari informasi yang mengadung "hariansejarah". Jika memakai pencarian umum maka informasi yang ditampilkan bukan hanya dari hariansejarah saja tapi dari kompas, historia, dll. Namun dengan penggunaan tanda kutip dalam kolom pencarian maka yang akan tampil murni hanya yang mengandung kata hariansejarah. Sebagai contoh bisa dilihat pada gambar dibawah ini: 


Itulah tips cepat dan akurat dalam mencari informasi di google. Semoga tips tersebut membantu. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Cara Cepat dan Akurat dalam Mencari Informasi di Google"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel