Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate

Salah satu indikator penting dalam sebuah website adalah nilai bounce rate. Para pakar dan praktisi SEO pasti memerhatikan indikator tersebut. Untuk mengetahui nilai bounce rate, kita bisa melihatnya di google analytics.
sumber: kampuscloud.com
Sederhananya bounce rate seperti ini,  Jika orang-orang yang berkunjung ke situs kita hanya membuka satu halaman saja dan tidak tertarik membuka halaman lainnya berarti nilai bounce rate situs kita tinggi dan terhitung tidak sehat. Namun jika banyak orang yang lama di situs kita dan membuka halaman lainnya maka nilai bounce ratenya semakin rendah, nah ini bisa dikatakan situs kita memiliki kualitas yang baik. Bounce rate adalah salah satu indikator penting bagi google untuk melakukan perangkingan situs. Semakin kecil nilai bounce rate suatu website, kemungkinan besar website tersebut memiliki peringkat yang bagus.

Para empunya situs berlomba-lomba menurunkan angka bounce rate, termasuk dalam hal ini saya sendiri.  Ada strategi-streategi khusus yang bisa diterapkan untuk menurunkan angka bounce rate. Strategi ini sendiri merupakan hasil pengamatan saya  di berbagai forum dan pengalaman saya dalam mengurus situs yang saya punya. Berikut ini adalah caranya:

1. Kualitas konten

Masih ingatkah perkataan "konten adalah raja"? Ya, perkataan ini relevan dalam upaya menurunkan angka bounce rate. Kunjungan pertama seseorang terhadap situs kita akan menimbulka first impression atau kesan pertama. Ketika orang tersebut melihat konten kita jelek dan tidak bagus maka ia menilai bahwasannya konten lainnya pasti buruk juga. Jadi buatlah konten yang berkualiatas pada setiap konten yang dibuat. Dengan membuat konten yang berkualitas dan judul yang menarik maka orang-orang dengan sendirinya akan tertarik berkunjung dan betah berlama-lama menghabiskan waktu di situs kita. Mereka akan membuka halaman-halaman lainnya kalau memang konten yang kita buat berkualitas. Jadi jangan pernah menyepelakan kualitas konten.

2. Tema situs yang spesifik

Membuat tema situs yang spesifik amat dianjurkan oleh para praktisi dalam bidang SEO. Hal ini erat kaitannya juga dengan bounce rate. Jadi mudahnya seperti ini, jika tema situs spesifik maka related artikel yang ditampilkan biasanya akan lebih berkaitan. Beda dengan tema sembarangan atau biasa disebut sebagai situs gado-gado. Maka related artikel yang ditampikan kemungkinan besar juga bersifat gado-gado dan acak. Dengan tema yang khusus maka related artikel yang tampil akan sama dengan konten yang dilihat.

3. Kategorisasi yang tepat

Jika memiliki situs yang gado-gado sebenarnya tidak masalah asalkan kategorisasi dilakukan dengan tepat dan tidak asal-asalan. Jika kategorisasi asal-asalan, related artikel yang tampil juga kemungkinan besar tidak relevan. Untuk para empunya situs pemula, mulailah dengan rencana kategorisasi yang  terarah dan memang sesuai. Untuk empunya situs yang sudah lama, maka luangkan waktu beberapa hari untuk membenarkan kategorisasinya. Jangan malas untuk membenarkan agar bounce rate situsnya rendah.

4. Membuat link di tulisan

Memanfaatkan related artikel saja tidak cukup untuk menurunkan angka bounce rate suatu situs. Cara penting lain untuk menurunkan bounce rate adalah dengan membuat link menuju halaman lainnya. Jadi gampangnya seperti ini, kita akan membuat artikel tentang suatu pelajaran ekonomi tentang permintaan dan penawaran. Nah pada artikel yang dibuat tersebut misalnya  terdapat kata "bank" kata bank ini harus dibuatkan link yang menuju situs kita sendiri, misalnya link tersebut menuju halaman  defisini tentang bank dan contoh-contohnya. Atau bisa diselipkan halaman lain seperti "Lihat contoh soal dan pembahasan permintaan dan penawaran". Terakhir membuat banner ditengah tulisan atau akhir tulisan yang mempromosikan konten yang kita punya. Buatlah semenarik mungkin agar orang-orang mau melihat halaman tersebut.

Jika anda memiliki website dan ingin menurunkan bounce rate web anda, semoga artikel ini dapat membantu.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Cara Ampuh Menurunkan Bounce Rate"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel