6 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah

Salah satu impian banyak sebagian lulusan siswa-siswi SMA adalah melanjutkan kuliah di luar negeri. Kuliah di luar negeri sendiri membutuhkan biaya yang cukup besar. Baik itu biaya perkuliahannya serta biaya penunjang hidup di negara tujuan. Namun ada di luar sana negara yang biaya kuliahnya relatif terjangkau. Berikut ini adalah 6 Negara dengan biaya kuliah termurah:

1. Norwegia

Negara yang terletak di wilayah Skandinavia ini terkenal akan biaya kuliahnya yang terjangkau. Norwegia sendiri termasuk negara yang mempunyai tingkat kemakmuran tinggi di dunia. Biaya kuliah terjangkau tersebut merupakan hasil subsidi negara. Biaya kuliah disana hanya 600 NOK atau setara dengan 900 ribu rupiah per semester. Norwegia sendiri mempunyai universitas ternama seperti University of Oslo, University of Adger, dan University of Nordland.

2. Jerman

Negara yang terletak di eropa tengah ini juga termasuk negara yang biaya kuliahnya terjangkau. Negara ini sendiri termasuk negara favorit para pelajar di seluruh dunia. Jerman terhitung negara makmur di Eropa dan memberikan porsi besar terhadap dana pendidikannya. Bahkan sebagian universitas di Jerman mengratiskan biaya perkuliahan, tetapi ada juga universitas yang mengenakan biaya namun tidak terlalu besar. Biayanya cukup terjangkau yaitu Rp 7 juta - Rp 8,5 juta per tahun. Jerman sendiri mempunyai universitas yang mempunyai reputasi bagus di kancah internasional seperti University of Munich, Heidelberg University, dan University of Bonn.

3. Kenya

Rata-rata biaya kuliah di negara yang terletak di Afrika Timur ini adalah Rp 16 juta pertahun. Negara ini terhitung relatif stabil dan mempunyai pertumbuhan ekonomi yang tinggi setiap tahunnya. Bagi kamu yang ingin studi di Benua Afrika maka negara ini bisa jadi refrensi. Salah universitas terbaiknya adalah University of Nairobi. Universitas ini berhasil meraih peringkat teratas di Kenya dan terdiri dari berbagai macam program studi.

4. Bangladesh

Ternyata negara dengan biaya kuliah termurah di Asia Selatan bukanlah India, tetapi Bangladesh. Bangladesh sendiri merupakan salah satu negara yang memiliki pertumbuhan ekonomi tinggi di dunia. Sebagai informasi, Rata-rata biaya kuliah di Bangladesh berkisar Rp. 20 juta-an per tahun. Salah satu universitas terbaik di sana adalah University of Dhaka.

5. Yunani

Negara yang mendapatkan julukan negeri seribu dewa ini, terletak di Eropa Selatan. Negara ini sendiri masih terkoyak berbagai krisis dan tidak stabil. Agak tidak dianjurkan untuk melanjutkan kuliah disini. Walau bagaimanapun Yunani sendiri mematok uang perkuliahan murah yaitu Rp 23 juta pertahun. Universitas disana pun mempunyai reputasi yang bagus di Eropa, salah satu universitas terbaiknya adalah Aristoteles Thessaloniki University.

6. Taiwan
Negara ini biasa disebut sebagai China Taipe. Diantara deretan negara di Asia Timur dan Asia Tenggara, Taiwan adalah satu satu negara yang biaya kuliahnya paling murah. Biaya pertahunnya hanya kisaran Rp 25 juta sampai Rp 30 juta khusus untuk mahasiswa yang mengambil program sarjana dan magister. Selain itu Taiwan sendiri banyak menyediakan beasiswa bagi mahasiswa internasional. Diantaranya adalah Higher Education Scholarship Programs of Taiwan, MOST Taiwan Scholarship, serta MOE Huayu Enrichment Scholarship. Untuk reputasi dan kualitas tidak usah ditanya dibandingkan Indonesia. Dua universitas yang terkenal dan mempunyai reputasi bagus di dunia internasional adalah National Tsing Hua University dan National Taiwan University.

Kuliah di luar negeri tidak selamanya mahal. Beberapa negara tersebut mungkin bisa menjadi referensi bagi kamu yang ingin melanjutkan pendidikan di luar negeri.

Sumber refrensi: instagram schoolvanilla
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "6 Negara dengan Biaya Kuliah Termurah"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel