5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Hardisk Laptop

5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Hard disk Laptop
Seperti yang kita ketahui hard disk merupakan salah satu komponen terpenting pada laptop. Hard disk sendiri mempunyai fungsi sebagai tempat penyimpanan data utama. Menjaga hard disk agar tetap awet penting untuk dilakukan. Salah satu cara terbaik agar hardisk bisa awet dan tahan lama adalah dengan menghindari kebiasaan yang bisa merusak perangkat itu. Berikut ini lima kebiasaan buruk yang bisa merusak hard disk laptopmu:

1. Menaruh Laptop diatas kasur

Mungkin kamu bertanya-tanya apa hubungannnya menaruh laptop di atas kasur dengan hardisk. Jadi seperti ini, laptop itu sendiri mempunyai  lubang sirkulasi udara dibagian samping atau dibawahnya. Dengan menaruh laptop diatas kasur maka sirkulasi udara tersebut akan tertutup. Panas laptop yang harusnya dikeluarkan dari lubang sirkulasi akhirnya tidak bisa keluar. Panas itu akan bertahan di dalam laptop dan mempengaruhi suhu komponen pada laptop, termasuk mempengaruhi hard dsik. Jika suhu hard disk terlalu panas, maka akan lebih cepat rusak. Jadi sebaiknya hindari menaruh laptop di atas kasur.

2. Menaruh file terlalu banyak di Hardisk

Hard disk memang tempat penyimpanan utama, tetapi bukan berarti semua file yang kita punya di simpan di dalam hard disk. Idealnya, hard disk harus diberikan ruang sisa. Ruang kosong untuk hard disk adalah minimal 20% dari kapasitas. Kenapa harus memberikan ruang kosong? Itu karena berpengaruh terhadap peforma kerja hard disk. Jadi jangan lupa untuk memberikan ruang kosong untuk hard disk kamu,  jika kamu tidak mau laptopmu berjalan lambat.

3. Laptop Mendapat Guncangan

Hard disk laptop adalah komponen yang sensitif terhadap dengan guncangan. Guncangan pada bagian ini, biasanya diakibatkan oleh benturan atau terjatuh. Jadi sebisa mungkin hindari kedua hal tersebut. Biasakan memakai tas khusus untuk laptop jika kita membawa laptop kemana-mana. Tas ini paling tidak bisa meredam guncangan yang terjadi. Tas laptop zaman sekarang sudah terintegrasi dengan tas-tas sekolah pada umumnya. Laptop disediakan space tersendiri di dalam tas. Hal ini menghindari guncangan dan benturan dari buku-buku sekolah dan peralatan lainnya.

4. Tidak mematikan Laptop Dengan Benar

Salah satu kerusakan hard disk yang seringkali ditemukan oleh tukang service adalah akibat tidak mematikan laptop dengan cara yang benar. Kebiasaan tersebut biasanya mematikan laptop dengan cara memencet tombol power. Kasus kedua lebih parah lagi, yaitu lupa mematikan laptop. Jadi, si empunya laptop langsung mentup layar tanpa mematikannya terlebih dahulu. Apalagi jika pengguna tidak sadar bahwa laptopnya tidak dimatikan selama berminggu-minggu. Tahu-tahu ketika dinyalakan laptop tidak bisa membaca hard disk. So, jangan lupa untuk mematikan laptop ketika sudah selsai bekerja ya.

5. Partisi berlebihan

Hard disk pada zaman sekarang kapasitasnya terhitung besar. Sebagian besar dari kita suka membagi hardisk menjadi beberapa bagian (partisi). Hal ini sebenarnya wajar dilakukan dan tidak salah. Biasanya kebanyakan pengguna laptop mengatur hard disk C untuk sistem operasi dan hardisk D untuk menyimpan data. Tetapi ada juga kasus ekstrim yang mempartisi hardisk lebih dari tiga bagian. Terlalu banyak partisi akan membuat fragment hard disk terbagi-bagi dalam proses read and write. Nah ini yang memberatkan kerja hard disk. Jadi sebisa mungkin hardisik cukup di partisi menjadi dua atau tiga bagian saja.

Hard disk biasanya digunakan sebagai perangkat penyimpanan data-data penting, baik tugas-tugas sekolah, dokumen pekerjaan, foto, game sampai film favorit. Artinya, jika hard disk mengalami kerusakan, kemungkinan besar kamu akan kehilangan data-data penting tersebut. Jadi, lebih baik kamu selalu mengecek kinerja perangkat ini serta menghindari hal-hal yang membuat hard disk rusak. Maka sebisa mungkin terapkan tips-tips diatas agar hard disk kamu tetap terjaga.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "5 Kebiasaan Buruk yang Bisa Merusak Hardisk Laptop"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel