Belajar Python Gratis: Sintak-sintak Dasar Dalam Pemrograman Python

Komentar

Komentar  teks yang ditulis  dalam pemprogram yang kita buat namun tidak untuk  dieksekusi.Funsi dari komentar ini biasanya memberikan informasi bagaimana program tersebut bekerja. Untuk membuat komentar ketikan karakter #. Contoh seperti ada dibawah.


print()

Fungsi print ini sendiri untuk menampilkan text, nomor, atapun informasi yang lainnya pada konsol. Jadi mudahnya fungsi print ini untuk menampilkan informasi di layar komputer kita. Contoh bisa dilihat dibawah. Saya ingin menampilkan variable data_teks dan nilai pi.

strings

String adalah karakter yang kita tulis baik itu huruf, angka, spasi putih atau pun tanda baca yang menggunakan tanda kutip. baik itu tanda kutip tunggal atau pun tanda kutip ganda. Jika penulisan  string harus dipisah menjadi beberapa baris, maka harus menggunaka karakter garis miring \n. Sebagai  contoh bisa dilihat dibawah


Variabel

Variabel sendiri berfungsi untuk menyimpan data dalam program. Data ini  sendiri bisa berupa angka, string, boolean, array,  atau tipe data lainnya. Ingat, setiap variabel memiliki nama yang terdiri dari huruf, angka, atau pun penambahan karakter garis bawah _.  Variable sendiri ditandai dengan kehadiran simbol  sama dengan = yang mana untuk menetapkan nilai ke variabel. Ingat variabel sendiri nilainya bisa diperbaharui dan tidak boleh penamaan variabel mengandung spasi. sesuai kebutuhan.  Contoh bisa dilihat dibawah.

Operator Aritmatika

Python sama seperti bahasa pemrograman lainnya yang mana mendukung operasi matematika berupaka penambahan. pengurangan, perkalian, pembagian, modulus %(sisa angka dari pembagian), dan perpangkatan. Contohnya seperti dibawah

Penggabungan string (+)

Tidak hanya angka saja yang bisa ditambahkan namun string juga bisa ditambahkan dalam pemrograman Python. Penggabungan string ini dikenal sebagai Concatenation. Sebagai contoh bisa dilihat dibawah.


Plus-Equals Operator (+=)

operato  berfungsi iuntuk menambahkan nilai ke variabel yang ada dan membuat nilai baru kembali dalam variabel yang sama. Dalam kasus di mana variabel dan nilainya adalah string, operator ini melakukan penggabungan string, bukan penambahan. Sebagai contohnya bisa dilihat dibawah.

Semoga tulisan tentang sintak-sintak dasar pemrograman Python ini bermanfaat.

Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Python Gratis: Sintak-sintak Dasar Dalam Pemrograman Python"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel