Optimasi SEO 2020 dengan SEO Content

Dari sekian tahun yang telah lewat algoritma mesin pencarian google semakin pintar dan hampir mustahil untuk melakukan cara black hat SEO. Jika pada tahun 2020 kita mencoba cara black hat SEO maka bukan tidak mungkin kita situs kepunyaan kita akan dibuang di sandbox. Itu sesuatu yang mengerikan bagi para empunya website atau pun blog.

Lantas SEO seperti apa yang berkembang pada tahun 2020 dan untuk seterusnya? Jawabannya adalah SEO Konten. Dua hal ini sebenarnya dulu terpisah namun sekarang menjadi satu. Seorang praktisi SEO yang dulu kurang begitu memperhatikan konten maka kini wajib memperhatikan kualitas konten yang dibuat. Apabila hanya memperhatikan sisi teknis saja dijamin tidak akan berhasil dan sulit untuk bersaing di halaman pertama google. 

Lantas bagaimana caranya untuk optimasi SEO konten agar mampu bersaing di halaman pertama mesin pencarian google. Tips yang saya berikan sebenarnya hanya berupa pendapat pribadi yang disertai dengan uji coba di blog pribadi. 

1. Mencari keyword alternatif

keyword disini biasanya digunakan untuk membuat judul pada konten. Jika kita memakai keyword pendek (1-3 kata) biasanya persaingannya besar di mesin pencarian. Berbeda ketika kita menggunakan keyword alternatif yang biasanya lebih dari tiga kata dan bersifat lebih spesifik hal ini biasa disebut juga dengan long tail keyword. Persaingannya tidak terlalu besar dibandingkan dengan keyword pendek dan nilai cpc nya tidak terlalu kecil. Untuk bisa menemukan keyword alternatif kita bisa menggunakan tool SEO yang banyak bertebaran di internet. Saya sendiri biasanya menggunakan ubersuggest dan keysearch. Kebanyakan tool SEO memang berbayar jadi Anda harus mengeluarkan uang. Untuk tool gratis gunakan saja Ubersuggest. Sebagai contoh untuk mencari keyword alternatif Anda bisa melihatnya dibawah. Disini keyword utama yang saya pakai adalah javascript dan pencariannya di Indonesia. Hasilnya banyak sekali keyword potensial yang bisa diandalkan dalam pembuatan konten.

2. Melihat kompetisi dari konten 

Sebelum membuat konten ada baiknya Anda riset terlebih dahulu dan melihat kualitas konten dari para kompetitor. Hal ini penting dilakukan agar kita bisa membuat konten yang lebih baik dan berbeda dengan para kompetitor. Ingat disini bukan sekedar menulis atau membuat ulang konten para kompetitor namun membuatnya lebih baik dan berbeda. Untuk melakukannya Anda bisa mengecek satu persatu konten para kompetitor. Tapi ingat hanya di halaman pertama saja yang Anda cek, tidak perlu pada halaman kedua. Disitu Anda bisa menilai apa saja kekurangan dan kelebihan konten para kompetitor. Sebagai contoh saya menargetkan kata kunci "olahraga untuk penyakit jantung".  Nah disini akan muncul konten yang relevan, Anda klik dan cek satu persatu dan nilai.

3. Membuat konten Untuk Menjawab Pertanyaan

Sebelumnya mesin pencari google diandalkan untuk mencari berbagai macam informasi yang ada. Dengan semakin menjamurnya android dan teknologi pencarian berbasiskan suara (google voice) maka banyak orang menggunakan google sebagai asisten pribadi sehari-hari untuk bertanya berbagai macam hal. Jika Anda bingung kira-kira apa saja yang ditanyakan orang-orang di mesin pencarian google maka tidak perlu khawatir, Saya akan memberikan solusinya. Sebagai contoh sama seperti keyword diatas  "olahraga untuk penyakit jantung". Kalau anda scroll ke arah bawah maka akan muncul kolom "orang juga bertanya" seperti contoh gambar di bawah. Dengan pertanyaan-pertanyaan itu, kita bisa membuat konten untuk menjawabnya. 

4. Design Konten yang menarik

Orang cendrungnya senang informasi yang mempunyai banyak konten gambar atau visual dibandingkan dengan tulisan semata. Kita bisa lihat media-media besar seperti tirto, cnn, detik, kompas, dll. Dalam pembuatan konten tulisannya menyisipkan info grafis bukan hanya sekedar tulisan. Tentunya bagi yang bekerja sendirian atau beberapa orang membuat infografis begitu merepotkan dan butuh keahlian dalam bidang editing photoshop, corel draw, dan aplikasi sejenisnya. Untuk mengakalinya paling tidak kita menggunakan gambar legal yang kita bisa gunakan agar konten yang kita buat terlihat lebih menarik. Selain itu, kita juga bisa menambahkan video di konten yang kita buat. Untuk video Anda bisa mencarinya di Youtube. 

Itu saja tips dari saya, semoga bermanfaat.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Optimasi SEO 2020 dengan SEO Content"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel