Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website

Keberadaan website atau situs tentunya amat penting di era internet seperti sekarang ini. Banyak kegunaan yang didapatkan dari mempunyai aset tersebut. Baik itu dari sisi ekonomi seperti berdagang online, branding perusahaan, self branding, atau pun sekedar bentuk dari menyalurkan hobi menulis atau berbagai sesuatu yang bermanfaat bagi orang-orang di Internet. Lantas bagaimana kita bisa membuat website atau pun situs yang bagus? Ada beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam membangun hal tersebut. Berikut adalah hal pentingnya:

1. Tujuan

source: picserver.org
Hal ini merupakan pokok. Kita harus tahu mengapa kita membuatnya sebuah situs? Apa yang kita inginkan dari situs yang kita buat? Apakah situs yang kita buat bersifat komersial? atau hanya sekedar berbagi. Mengetahui tujuan merupakan hal penting karena berkaitan dengan strategi apa yang akan diterapkan kedepannya dalam pengembangan situs. Tanpa tujuan yang jelas sudah dipastikan situs tidak akan berkembang, alih-alih malah akan mati

2. Tema

souce: picpedia.org
Setelah kita sudah berhasil membuat tujuannya. Terlepas itu tujuan komersial atau pun sekedar berbagi, sekarang yang kita butuhkan adalah tema yang jelas. Tema ini yang nantinya akan menjadi identitas kita di internet yang membedakan dengan lainnya. Jika Anda membuat situs jual beli online maka tentukan apa yang anda pengen jual ke konsumen. Apakah itu alat-alat listrik, peralatan rumah tangga, alat-alat kecantikan, atau lainnya? Untuk tema ini sendiri sebenarnya dikembalikan pada tujuan situs itu berdiri. Biasanya tema yang baik adalah tema yang terfokus dan dapat dikuasai permasalahannya. Misalnya kita ingin membuat situs tentang otomotif, makan akan jauh lebih baik yang mengisi konten situs tersebut baik bentuk video atau pun tulisan diisi oleh orang yang memang menguasai dunia otomotif. Tema merupakan sesuatu yang krusial karena semakin terfokusnya tema semakin baik di mesin pencarian google. Ini membuat situs yang kita buat lebih cepat terindeks. Selain itu tema yang jelas membuat keberlanjutan konten dalam jangka panjang.

3. Tampilan dan peforma

source: pixabay.com
Hal ini berkaitan dengan hal teknis. Mau dibangun dengan platform apa situs Anda? Apakah situs anda ingin dibangun dengan platform yang sudah tersedia seperti wordpress, joomla, drupal, blogger, dll. Atau Anda jika seorang programmer ingin membangun situs sendiri dengan CMS dan MVC anda sendiri. Itu semua pilihan Anda. Setelah membangun situs tersebut, maka yang perlu diperhatikan adalah peforma situs. Dalam hal ini yang menjadi ukuran standar, apakah situs Anda mudah diakses dan tidak lambat ketika dibuka? Setelah itu tampilan situs. Buatlah situs yang bersifat mobile friendly karena sekarang ini jauh lebih banyak orang mengakses situs dari perangkat ponsel. Selain itu, hal ini mempengaruhi SEO situs anda.

4. Konten

source: picpedia.org
Konten ini masih erat katainnya dengan tema. Pengisian konten ini sendiri harus selurus dengan tema. Pengalaman saya, pengisian konten yang cendrung asal-asalan dan tumpah tindih membuat situs tidak mempunyai identitas yang pasti dan membuat pengunjung tidak begitu betah berlama-lama disitus kita. Hal ini membuat bounce rate situs kita semakin tinggi dan secara otomatis membuat konten yang kita buat tidak bisa masuk jajaran page one pencarian google. Situs dengan tema yang jelas membuat pengunjung betah berlama-lama dalam situs tersebut. Karena biasanya konten yang disajikan akan berkaitan dengan konten-konten lainnya disitus kita. Misal kita menyajikan informasi cara install nodejs di windows, lalu di related articel muncul konten kita yang lain berjudul, setting nodejs di windows. Maka biasanya pengunjung akan mengklik konten tersebut juga.

5. Kualitas

source: pixabay.com
Setelah membuat konten maka hal penting yang perlu diperhatikan adalah kualitas konten yang kita buat dan sajikan disitus kita. Tentunya kualitas konten ini sangat berpengaruh besar terhadap reputasi situs kita. Jika konten yang kita sajikan jelek maka pengunjung tidak akan berlama-lama di situs kita. Hal ini membawa kerugian karena semakin membuat situs kita mempunyai peringkat rendah di google. Konten dengan kualitas yang baik tentunya amat disukai oleh google. Tentunya ini juga berdampak bagus dengan pendapatan Anda kalau anda mengikuti program google adsense. Semakin baik konten yang kita sajikan maka semakin bagus juga nilai iklan yang ditawarkan. Jadi jangan main-main dengan kualitas.

Itulah menurut penulis hal-hal penting yang perlu diperhatikan dalam membuat website atau pun situs. Sebenarnya banyak unsur laun yang perlu diperhatikan. Namun menurut penulis, hal diatas adalah yang paling esensial.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Membuat Website"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel