Faktor yang Mempengaruhi BPK

Salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan di internet adalah dengan menjadi publisher google adsense. Secara umum untuk menjadi publisher google adsense ada dua cara. Pertama kita menjadi seoarang bloger atau  mempunyai situs/web. Kedua kita menjadi seoarang youtuber. Kita akan menerima bayaran google adsense ketika seseorang mengklik iklan di blog/situs dan youtube kepunyaan kita.

Salah satu keluhan para publisher iklan adalah nilai klik iklan atau biasa disebut BPK(Biaya per klik) yang begitu kecil dan nilainya cendrung agak mengenaskan. Nilai klik suatu iklan sebenarnya dipengaruhi oleh beberapa faktor. Pada tulisan ini, Saya akan membahasnya dan memberikan cara untuk meningkatkan nilai klik google adsense.

1. Resesi Ekonomi

Ketika kondisi ekonomi buruk maka hal ini mempengaruhi nilai klik iklan yang ada. Pada kondisi ekonomi yang buruk para pengiklan akan cendrung menahan uangnya untuk beriklan. Contohnya pada 2020 ini, terjadi resesi ekonomi yang diakibatkan oleh virus corona. Para pelaku ekonomi ini ketakutan dan menahan uangnya untuk promosi di google. Normalnya nilai klik Indonesia yang saya dapatkan berkisar 500-600 pada tahun 2019. Namun pada tahun ini nilainya menyusut sampai pada 200. Akibatnya apa? Pendapatan saya berkurang drastis. Kuncinya harus sabar dan tetap update konten. Jangan sampai gara-gara krisis ekonomi kita berhenti. Ingat krisis tidak akan terjadi selamanya

2. Tema blog

Apakah ini pengaruh? menurut saya iyah ini pengaruh. Tadinya saya berpikir nilai iklan semua situs itu sama saja. Ternyata berbeda. Hal ini saya lihat dari studi kasus para blogger yang ada di group facebook. Saya pun juga membuktikannya sendiri. Kedua blog saya yang mempunyai nilai klik rata-rata berbeda satu sama lain. Kedua blog ini mempunyai tema yang berbeda, pertama pendidikan, kedua sejarah. Pendidikan mempunyai nilai lebih tinggi dibandingkan dengan sejarah.  Jadi usahakan membuat blog yang mempunyai nilai jual bagus. Percuma mempunyai blog banyak visitor jika blog tersebut tidak punya nilai jual. Salah satu blog yang saya kelola mempunyai alexa rangking yang langsing namun hal tersebut tidak berbanding lurus dengan penghasilannya.

3. Sumber trafik

Hal ini menjadi perdebatan diantara para owner blog atau pun website. Apakah sumber trafik dari medsos menurunkan nilai klik iklan? Saya sendiri menjawab iyah. Dalam percobaan saya, saya menggunakan promosi tulisan di grup-grup facebook dan menggunakan facebook ads. Hasilnya apa? Ternyata nilai klik saya jatuh drastis. Saya mulai mengurangi frekuensi untuk  mempromosikan content yang saya buat di media sosial. Trafik terbaik dan berniali tinggi memang berasal dari mesin pencarian google.

4. Negara

Sudah rahasia umum jika nilai rata-rata klik Indonesia itu rendah dibandingkan negara-negara lainnya. Hal ini sebenarnya lebih kepada faktor ekonomi suatu negara. Semakin majunya suatu negara maka biasanya nilai iklan yang ditawarkan semakin besar. Jika ingin penghasilan besar maka ada baiknya membuat blog atau website berbahasa asing terutama bahasa inggris. Cuman disini ada reksikonya. Persaingan internasional tentunya jauh lebih berat dibandingkan persaingan lokal.

Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Faktor yang Mempengaruhi BPK"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel