Cara Terbaru Install Django di Windows

Jika Javascript mempunyai node untuk membuat backend web maka Python juga memiliki Django. Django merupakan salah satu web framework populer dari yang dimiliki oleh Python. Banyak website besar memakai Django sebagai penyusun utama. Contohnya adalah media sosial yang populer yaitu instagram.

Dalam tutorial kali ini akan dijelaskan bagaimana mengintall django di PC kita. Step pertama yang perlu untuk dilakukan adalah memastikan bahwa Python sudah terinstall di PC kita. Jika belum menginstall Python maka bisa di download disini. Ingat install sesuai dengan versi windows yang kita punya. Jika 32 bit maka install yang 32 bit, jika 64 bit maka install 64 bit.  Link download bisa didapatkan disini.

Jika sudah terinstall maka bisa mengikuti tutorial dibawah ini:
1. Pertama kita buka cmd. Jika bingung maka tekan tombol windows + R di keyboard lalu ketik cmd.

2. Oke sekarang kita pastikan bahwa Python sudah benar-benar terinstall di komputer kita dengan mengetikan python --version di cmd.

3. Setelah itu kita juga memastikan pip yang satu bundel dengan python apakah sudah terinstall apa belum dengan mengetikan pip --version.

4. Pastikan PC kita terkoneksi internet. Sekarang ketikan pip install django. Berhubung komputer saya sudah terinstall Django maka akan  muncul pesan 'already satisfied'. Jika kita berhasil mengintall Django maka akan muncul pesan terakhir 'Succesfully Installed Django'.

5. Oke sekarang kita pastikan bahwa Django sudah benar terinstall di PC kita dengan mengetikan 'django-admin --version'.

6. Oke sekarang kita buat directory baru untuk menampung proyek django yang kita akan buat. Biasanya saya membuat di desktop dengan cara mengetikan "mkdir proyek_django" Kita bisa merubah nama proyek_django sesuai dengan kemauan kita.  Sebelumnya kita ketikan terlebih dahulu "cd desktop" agar cmd mengarah kesana. Setelah selsai dibuat maka kita ketikan "cd proyek_django" agar cmd mengarah kesana. Untuk jelasnya lihatlah gambar dibawah.

7. Oke sekarang kita mulai membuat dan merilisi proyek django yang kita ingin buat. Oke ketikan  "django-admin startproject ramalan_cuaca". Disini saya menamakan proyek saya sebagai ramalan_cuaca. Kita bebas menamai apapun proyek yang kita buat.

8. Untuk memastikan dan menjalankan proyek kita, maka kita ketik "cd (nama proyek yang dibuat)". Contohnya saya ingin menjalankan ramalan_cuaca maka saya ketikan "cd ramalan_cuaca". Untuk eksekusi lebih lanjut maka kita bisa ketikan "python manage.py runserver". Contoh jelasnya ada di bawah.

9. Sekarang proyek yang kita buat sudah berjalan. Untuk mengecek lebih lanjut buka program browser chrome, lalu ketikan di tab "localhost:8000". Lalu akan muncul tampilan seperti dibawah yang menandakan bahwa proyek kita sudah berjalan.


Oke sampai situ saja tutorialnnya semoga bermanfaat.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Cara Terbaru Install Django di Windows "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel