Cara Menentukan Nama Domain yang Bagus Untuk Website

Salah satu hal penting yang perlu dilakukan adalah untuk membangun sebuah website dan blog adalah menentukan nama, tepatnya nama domain yang kita akan kita gunakan. Menentukan nama domain merupakan perkara yang bisa dikatakan gampang-gampang susah. Tentunya dalam hal ini para empunya website atau pun blog menginginkan domain yang digunakan  SEO. Dalam menentukan domain ada beberapa aspek yang perlu diperhatikan.

1. Identitas/Tema Website atau Blog


Tentunya ketika kita ingin membuat sebuah website atau blog mempunyai gambaran besar. Konten atau tulisan apa saja yang kita akan sediakan. Jika anda masih bingung dengan tema apa yang akan anda buat, maka tulislah atau buatlah konten yang Anda kuasai selama ini. Jika anda seorang programmer maka anda bisa memberikan tutorial ngoding. Jika anda yang seorang yang mempunyai latar belakang dibidang otomotif maka anda bisa menuliskan konten review yang berkaitan dengan otomotif atau anda bisa memberikan tutorial tentang membetulkan mesin otomotif yang rusak.

2. Nama yang sesuai

Maksud dari poin tersebut adalah buatlah nama yang sesuai dengan tema anda. Sebelumnya saya pernah membuat blog bersama teman-teman saya dengan tema sejarah maka kami sepakat bahwasannya nama domain blog tersebut harus berkaitan dengan sejarah. Maka disini kami memilih nama hariansejarah.id. Hal ini tentunya amat penting karena dengan nama saja orang sudah bisa menebak apa isi dari blog tersebut. Jika hariansejarah maka tentunya isinya sejarah dan bukan isinya komputer atau pun otomotif. Jangan memberikan nama yang asal-asalan dan tidak sesuai dengan konten blog yang ada. Blog kitatulis ini pun dinamakan atas dasar dua orang yang mengelola serta berisi pengetahuan yang kita punya tentang berbagai macam hal.

3. Pilih nama yang mudah diingat

Ini penting, sebab nama jangan terlalu panjang dan jangan terlalu pendek. Pilihlah nama domain yang mudah diingat dan orang. Usahakan menghindari nama yang terlalu panjang karena orang akan malas mengetik dan sulit dihapalkan. Atau strateginya anda bisa menggunakan nama berdasarkan akronim. Contohnya saya  pernah membuat blog belajar dan masih eksis hingga saat ini. Saya kebingungan mencari nama, maka saya pilih akronim gu-buk singkatan dari gudang buku. Karena blog saya sendiri banyak berisi file pdf gratis berkaitan dengan pendidikan.


4. Konten

Mungkin ini sedikit melenceng dari judul, tapi percayalah ini merupakan hal paling penting dari sebuah website atau pun blog. Nama sebagus apa pun atau seunik apapun semuanya akan terasa sia-sia karena hal paling terpenting dari keberadaan website atau pun blog adalah konten. Jika anda menyediakan konten berkualitas maka akan dengan sendirinya pengunjung organik atau dari pencarian google datang  dengan sendirinya menghampiri website atau blog kita. Selain itu cara kerja algoritma pencarian google menyeleksi konten-konten yang benar-benar berkualitas. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Cara Menentukan Nama Domain yang Bagus Untuk Website "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel