Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Algoritma Mesin Pencari Google 2020 yang Wajib Diketahui

Seperti yang kita tahu kebiasaan google dalam dari tahun ke tahun adalah melakukan perubahan signifikan terhadap mesin algoritma pencariannya. Pada tahun 2020 ini ada algoritma-algoritma mesin pencari google yang wajib diketahui. Apakah perubahan algoritma ini penting bagi kita? Penting atau tidak itu relativ. Jika kita mengelola situs di Internet atau pun praktisi SEO penting bagi kita mengetahui perubahan tersebut. Perubahan tersebut berkaitan dengan strategi apa yang kita akan pakai agar tetap agar bisa menjadi nomor satu di google. Berikut ini adalah Algoritma google 2020:

BERT(Bidirectional Encoder Representations from Transformers)

Pada dasarnya teknologi ini berfungsi memahami relevansi antara kata dalam sebuah kalimat ketika kita melakukan pencarian di mesin google BERT sendiri menggunakan Natural Language Processing(NLP). Sebagai contohnya seperti ini,  jika sebelumnya google kesulitan memahami kata pencarian yang bersifat unik yang dimasukan pengguna, maka kini google dapat memahaminya dan menampilkan hasil pencarian relevan. Contohnya ketika saya mengetikan 2020 visa bebas. Kata tersebut bersifat unik dan cendrung kurang jelas. Kini Algoritma BERT dapat memahaminya dengan menampilkan hasil pencarian yang diinginkan pengguna


E.A.T (Expertise, Authoritativeness, dan Trustworthiness)

Jika dibahasa Indonesia kan berarti keahlian, otoritas, dan kepercayaan. Google kini bersifat selektif menampilkan hasil pencarian. Jika sebelumnya situs biasa saja yang menampilkan tips kesehatan dapat ranking satu di pencarian google. Maka kini sulit untuk dilakukan. Google cendrung akan lebih memilih situs yang memang benar-benar situs kesehatan, konten yang mana benar-benar dibuat oleh praktisi kesehatan ahli. Hal ini berkaitan dengan otoritas. Selain itu, mencegah terjadinya hoax atau pun informasi sesat di mesin pencarian. Jadi google, benar-benar memilih situs yang memang dikelola secara profesional oleh para ahli. Bisa dilihat contoh dibawah. Ranking 1 dan 2 di google menampilkan situs yang memang kredibel dalam bidang kesehatan.


Y.M.Y.L

Your Money or Your Life.  Hal ini sebenarnya lebih mengarah pada website-website yang bisa mempengaruhi kebahagian, keamanan, kesehatan, dan kesejahteraan para pegguna google. Website yang termasuk kategori Y.M.Y.L adalah sebagai berikut:

  • Website jual beli barang
  • Website penawaran jasa
  • Website transaksi online
  • Website yang memberikan informasi keuangan, kesehatan, dan masalah hukum
  • Website yang menawarkan asuransi, investasi, dll
Jika website anda masuk kategori eat maka perlu usaha ekstra untuk melakukan optimasi. Salah satunyada adalah dengan melakukan EAT. Jika tidak termasuk? Jangan senang terlebih dahulu. Disini google akan menilai kebermanfaatan website Anda. Indikatornya mudah sebenarnya. Pertama adalah tingkatan bounce rate pada website Anda. Semakin tinggi angka bounce rate maka makin cepat orang meninggalkan Website Anda. Selain tu durasi waktu orang-orang di situs kita. Semakin lama itu semakin baik, berarti orang-orang tertarik dengan konten yang kita buat. Semakin cepat berarti situs kita tidak membuat orang tertarik dan segera memutuskan pergi dari situs Anda. 
Bourbon
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Posting Komentar untuk "Algoritma Mesin Pencari Google 2020 yang Wajib Diketahui"