Belajar Python: Penggunaa If Dalam Python Beserta Contohnya

Salah satu fungsi dalam pemrograman yang penting sekali untuk dipelajari dan dipraktekan adalah penggunaan fungsi if. Fungsi if (jika) ini biasa diterapakan dalam kehidupan sehar-hari. Python pun juga menyediakan fungsi tersebut. Berbeda dengan bahasa pemgrograman pada umumnya. Penulisan if pada python terhitung jauh lebih simpel. Seperti, tidak perlu penggunaan bracket {} dalam penulisan logika if nya. Berikut ini akan diberikan contoh penggunaan if dalam Python.

Program pertama, keikutsertaan dalam pemilu. Pertama kita akan memasukan nama kita dan umur kita terlebih dahulu. Lalu nama dan umur tersebut akan ditampilkan. Kita mengetahui bahwasannya usia minimal untuk keikutsertaan pemilu atau pun untuk mencoblos adalah 17 tahun di Indonesia.

Maka disini logika yang berjalan adalah, jika umur kitabenar  adalah 17 tahun atau lebih maka "cukup untuk ikut pemilu" dan "kita boleh mencoblos calon yang kita inginkan".  Kalau tidak memenuhi syarat tersebut maka kita bisa mengatakan oke kamu bisa balik lagi untuk beberapa tahun kemudian (hasil dari usia minimal 17 dikurangi dengan umur yang kita input). Oke kodenya sebagai berikut:
Untuk hasil dari eksekusinya jika kondisi benar seperti dibawah ini:
Jika umurnya kurang dari 17 tahun maka akan menampilkan hasil seperti yang ada dibawah:
Ingat angka tiga tahun hasil dari usia 17 tahun dikurang input usia yang dimasukan. Sudah dijelaskan diatas sebelumnya.

Oke itulah program sederhana penggunaan if. Untuk selanjutnya akan dibuat tutorial lanjutan if yang tingkatannya lebih sulit lagi. Semoga tutorial tersebut bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Python: Penggunaa If Dalam Python Beserta Contohnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel