Belajar Data Science Gratis: Selecting Data Logic Dengan Pandas

Pada postingan kali masih dalam lingkup penggunaan library pandas data sains. Jika sebelumnya sudah dijelaskan secara singkat tentang materi Selecting (klik disini), maka kali ini merupakan seri kelanjutannya. Disini akan lebih menekankan penggunaan secara logical dalam selecting. Data yang dipakai masih data klinik. Oke langsung saja:

1. Import terlebih dahulu pandasnya dan kita input datanya. contoh seperti dibawah

2. Coba kita cek menggil df4 tersebut. hasilnya seperti dibawah ini

3. Oke sekarang kita akan memanggil data bulan juni. Dengan mengetikan juni = df4[df4.bulan == "Juni"] dan jangan lupa untuk menggilnya.

4. Oke sekarang kita akan menggil dua data sekaligus dan menggunakan logika atau pada python. Ingat biasanya logika atau ini ditulis dengan tanda | . Untuk lebih jelasnya sekarang saya akan memanggil data bulan januari atau pun maret. maka saya akan menulisnya dengan maret_april = df4[(df4.bulan == "Maret") | (df4.bulan == "April")] dan tidak lupa saya juga memanggilnya. Oke contoh seperti dibawah:


5. Bagian terakhir kita akan mengecek data yang banyak sekaligus menggunakan fungsi isin. Oke sekarang disini saya akan menggil data dari bulan februari sampai april.  saya akan mengetikan sintak sebagai berikut: feb_sampai_april = df4[df4.bulan.isin(["Februari", "Maret", "April"])]  hasilnya seperti dibawah:


Oke sampai situ tutorial. Untuk tutorial selanjutnya masih dalam lingkup library pandas.
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Data Science Gratis: Selecting Data Logic Dengan Pandas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel