Belajar Data Sains Gratis: Penggunaan Numpy Bagian I

Salah satu library python yang populer untuk belajar Data Sains adalah Numpy.  Numpy secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah library pada python yang digunakan untuk operasi vektor dan matriks dengan mengelola array multidimensi. Hari ini kita akan mempelajari dasar-dasar operasi numpy yang mencakup pembuatan data array sederhana. Untuk bisa mengikuti tutorial ini maka dibutuhkan software yang bernama Anaconda Navigator. Kita bisa mendownloadnya gratis disini. Sekedar saran, software tersebut cukup besar, ada baiknya di download menggunakan wifi kampus, sekolah, atau pun kantor, agar kuota kita tidak tekor. Jika semuanya sudah Oke,  berikut ini adalah tutorial nya:
1. Kita buka terlebih dahulu softwere Anaconda Navigatornya.
2. Lalu kita klik Jupyther Notebook. Sofware ini lah yang kita akan gunakan. Perlu diketahui,  Anaconda Navigator terdiri dari berbagai macam software penunjang data sains.
3. Setelah itu Kita akan diarahkan ke browser google chrome lalu muncul directory file seperti gambar dibawah. Silahkan Kita pilih bebas mau taruh dimana file yang telah dikerjakan.
4. Setelah sudah menentukan mau taruh dimana. Sekarang. klik new file dan pilih Python 3.
5. Setelah itu akan muncul file kosong seperti gambar dibawah.
6. Oke sekarang kita mulai belajar numpy. yang pertama kali perlu dilakukan adalah mengimport numpy.
7. Sekarang kita mulai dengan membuat array sederhana pada variabel a.  (Ingat untuk mengeksekusi file tekan shift+enter)
8.Untuk memanggil array tersebut maka cukup ketikan seperti contoh dibawah
9. Oke sekarang kita bikin contoh array lagi yang lebih kompleks. Disini saya menaruhnya di variabel b. Tidak lupa kita juga memanggilnya.

9. Oke sekarang, kita ingin mengetahui dimensi array. baik itu yang ada di a atau pun b. kita bisa menggunakan fungsi ndim seperti yang dicontohkan di bawah. Dibawah dijelaskan bahwasannya a mempunyai dimensi array satu sedangkan b mempunyai array dimensi 2.
10. Oke sampai disini saja tutorialnya. Kita akan lanjutkan di bagian 2. Dibagian 2 nantinya kita akan belajar pengelolaan data menggunakan numpy.
Semoga tutorial ini bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Data Sains Gratis: Penggunaan Numpy Bagian I"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel