Belajar Data Science Gratis: Pengenalan Pandas

Sebelum membahas tutorial Pandas.  Pandas merupakan library yang dimiliki Python yang biasa digunakan untuk menganalisa data. Salah fitur yang biasa digunakan dalam pandas adalah dataframe. Dengan fitur tersebut kita bisa dengan mudah membaca file dan mengelola data dengan menggunakan operasi seperti join, disctinct, group by, dll. Pandas tersendiri biasanya juga masuk dalam pembelajaran data sains.

Tutorial ini masih bersifat dasar. Mungkin kedepannya saya akan membuat tutorial lanjutan. Sebelum anda melanjutkan tutorial ini maka Anda perlu menginstall Python dan Anaconda. Anda bisa mendownload semuanya secara gratis. Dalam hal ini saya memakai Anaconda sebagai wadah penggunaan library pandas dan analisa datanya.

1. Buka program Anocanda Navigator
2. Lalu Buka Jupyther Notebook dengan menglik lauch
3. Lalu secara otomatis akan membuka browser chrome dan terbuka localhost;8888/tree Disini silahkan pilih folder atau buat folder untuk penempatan file yang dibuat. Saya bisanya membuat folder di desktop dengan nama data sains dan menaruhnya file disana.
4. Lalu buatlah new Python 3
5. Lalu akan muncul gambar seperti dibawah
6. Oke selanjutnya yang  kita lakukan adalah mengimport library pandas dan membaca file csv. File csv yang saya gunakan merupakan data cuaca Ney York. Anda bisa download gratis disini Jangan lupa taruh file cuaca tersebut dalam satu folder.
7. Untuk melihat data secara visual anda ketikan df. Lalu data akan muncul seperti dibawah.
8. Untuk hanya melihat 5 data  awal anda bisa mengetikan df.head() lalu data akan muncul seperti dibawah.
9. Oke sekarang kita coba tampilkan data dengan  mencari 'Temperature' Maks. Maka ketikan df['Temperature'].max() lalu kita akan dapatkan angka 50
 
10. Oke sekarang kita akan mencari tanggal berapa cuaca hujan terjadi dengan menuliskan sintak
df['EST'][df['Events']=='Rain'] lalu hasilkanya akan terlihat seperti dibawah

Oke saya rasa tutorial cukup sampai disini. Semoga bermanfaat
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Data Science Gratis: Pengenalan Pandas"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel