Belajar Data Science Gratis: Menggunakan Pandas Untuk Mengolah Data

Pada tutorial kali ini kita akan belajar fungsi lanjutan yang mana secara garis besar mencakup pengelolahan data secara umum. Jangan lupa kita masih pakai library pandas. Disini kita masih menggunakan data cuaca dan menggunakan jupyter notebook. Disini kita akan menggunakan data sendiri. Anda bebas mengubah datanya sesuka hati tanpa harus mengikuti saya.   Oke masuk stepnya langsung yoo:

1. Jangan lupa import

2. Sekarang kita buat datanya dulu. Data cuaca ini terdiri dari waktu, suhu, kecepatan angin, dan cuaca. Sehabis itu dijadikan variabel df dan diolah DataFrame. Step terakhirnya kita tampilkan dengan mengetikan 'df':
3. Habis itu kita liat dimensi dari data tersebut. Dengan mengetifkan fungsi df seperti dibawah. Kita bisa tahu bahwasannya dimensinya adalah 6x4 alias 6 baris dan 4 kolom.
4. Kita coba mencari data yang spesifik dengan cara memotong berdasarkan indeks. Oke contoh dibawah df[2:5] maksudnya adalah memotong dari indeks 2 sampai indeks 5. Oke kita bisa lihat hasilnya dibawah
5. Sekarang kita lihat kolom apa saja yang ada di dalam data df dengan mengetikan fungsi seperti dibawah.
6. Sekarang kita coba memanggil data tertentu berdasarkan kolamnya. Contoh saya memanggil waktu dan cuaca.
7. Kalau tadi pemanggilan berdasarkan satu kolom aja. Sekarang bagaimana kalau kita mau 2 atau 3 yang ditampilkan agar jadi satu. Oke caranya seperti dibawah.
8. Oke sekarang kita masuk pada fungsi mencari rata-rata, nilai minimal, dan nilai maksimal. Sebagai contoh kasus akan diambil nilai suhu dan kecepatan angin.
Dari data tersebut kita bisa tahu kalo suhu rata-rata adalah 32.8, suhu minimal adalah 30, dan kecepatan angin maksimal adalah 6.

9. Menyimpulkan data secara umum. Dengan fungsi describe seperti dibawah kita bisa melihat data lengkap dari kolom yang berisi angka (suhu dan kecepatan angin) berupa jumlah data, rata-rata, minimal, dll.
10. Selanjutnya kita akan mencari data yang lebih spesifik berdasarkan standar yang kita buat. Ok masuk contoh seperti dibawah. Misalkan saya ingin mencari suhu diatas 32. Maka data yang ditampilkan hanya yang mempunyai suhu diatas 32.
Oke contoh selanjutnya seperti ini. Dimana saya ingin menampilkan waktu dan suhu saja namun dengan parameter tertentu. Contohnya saya memakai parameter suhu maksimum.  Oke cara membacanya kurang lebih seperti ini tampilkan data waktu dan suhu saja dimana suhu sama dengan suhu maksimum.
11. Terakhir, jika sebelumnya kita melihat bahwasannya indeks diurutkan dengan angka 0-5 dengan sistem array. Maka indeks disini bisa dirubah. Saya mengganti angka indeks tersebut dengan waktu dengan menggunakan fungsi set_index seperti dibawah.
Nah bisa kita lihat indeks sekarang menggunakan data waktu.

Semoga tutorial belajar data sains ini bermanfaat
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Data Science Gratis: Menggunakan Pandas Untuk Mengolah Data"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel