Belajar Data Science Gratis: Cara Install Anaconda Navigator dan Penggunaannya

Banyak diatara  pemula yang ingin belajar tentang data sains atau pun machine learning bingung software apa yang sebaiknya digunakan dan cocok untuk para pemula? Salah satu sofware yang powerfull untuk belajar data sains atau pun machine learning adalah Anaconda Navigator.

Secara umum ada dua bahasa pemrogaman yang digunakan untuk belajar data sains atau pun machine learning. Pertama adalah R dan kedua adalah Python. Dengan menggunakan Anaconda Navigator kita bisa menggunakan keduanya. Menurut versi saya sendiri Anaconda Navigator adalah software terbaik saat ini untuk belajar data sains atau pun machine learning.

Pada tulisan kali ini, saya akan membagikan cara bagaimana menginstall Anaconda Navigator dan penggunaannya. Berikut adalah caranya:
1. Siapkan kuota yang banyak atau paling tidak gunakanlah wifi publik, kenapa? Software ini sendiri mempunyai ukuran yang besar.
2. Sekarang klik link berikut (here)
3. Pilih sesuai dengan OS yang kita punya. Contoh saya menggunakan windows 7 64 bit maka yang didownload juga 64 bit. Setelah itu, saran saya pilih Python 3.7 (versi terbaru)
4. Setelah itu komputer kita secara otomatis akan mendownloadnya. Tunggu sampai selsai. Lalu double  klik file yang kita download tadi.  Tunggu sebentar.  Setelah itu kita tinggal install. Klik next, next, dan next sampai semuanya finish.

5. Setelah semua proses instalasi selsai yang perlu kita lakukan adalah menggunakan program tersebut. Caranya, di menu windows kita ketikan Anaconda Navigator. Lalu  klik.

6. Tunggu sebentar. Kecepatan tunggu tergantung pada peforma pc yang kita punya. Lalu akan muncul panel seperti gambar dibawah.
7. Dsini kita mempunyai pilihan. Jika kita ingin menggunakan bahasa pemprograman R untuk belajar data sains atau pun machine learning maka kita pilih R Studio. Ketika kita mengklik R Studio maka ia akan mendownload dan menginstall terlebih dahulu. Setelah itu baru bisa digunakan. Untuk tampilannya seperti gambar dibawah. Catatan: Disini saya tidak memberikan tutorial penggunaan lanjutan R Studio. Tutorial dibawah lebih ditunjukan untuk penggunaan Python.

8. Jika ingin menggunakan Python untuk belajar data sains atau pun machine learning maka tinggal klik lauch Jupyther Notebook. Ini bisa langsung digunakan tanpa harus mendownload atau pun menginstall lagi seperti R Studio.

9. Setelah itu kita akan diarahkan ke browser google chrome dan akan muncul directory/folder seperti gambar dibawah ini
10. Sekarang tugas kita memilih mau taruh dimana file pekerjaan kita. Kita bebas memilih foldernya. Sekedar saran saya, buatlah folder di desktop. caranya klik Desktop lalu klik new folder(seperti gambar dibawah ini).
11. Lalu akan muncul 'Untitle Folder', sekarang tugas kita tinggal menglik folder tersebut dan memberikan nama baru.
12. Saya membuat folder yang bernama 'data science', lalu kita kita klik folder yang kita telah buat tadi. Sekarang kita akan membuat file baru dengan cara klik new dan klik Python 3.
13. Lalu secara otomatis akan muncul new tab file baru seperti gambar dibawah ini.

14, File tersebut tidak bernama 'Untitle' Untuk menamakannya kita cukup mengklik judulnya lalu memberi nama sesuai yang kita inginkan.

15. Sekarang kita bisa mengetik kode kita pada form  In[ ] . Oke contohnya sebagai berikut:
16, Untuk mengeksekusi kode tersebut tekan tombol Shift lalu enter. (shift + enter).

17. Berikut adalah contoh dari operasi perkalian
18. Oke kurang lebih begitulah tutorialnya. Semoga bermanfaat. 
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "Belajar Data Science Gratis: Cara Install Anaconda Navigator dan Penggunaannya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel