5 Jurusan Soshum dan Saintek UI yang Persaingannya Paling Ketat (SNMPTN)

Salah satu universitas terbaik sekaligus favorit bagi lulusan siswa-siswi Menengah atas adalah Universitas Indonesia. Banyak siswa-siswi belajar mati-matian untuk mendapatkan almamater Universitas tersebut. Untuk masuk Universitas Indonesia sendiri terdiri dari beberapa jalur.

Jalur pertama adalah SNMPTN atau biasa disebut dengan jalur undangan, yang mana siswa siswi SMA mengandalkan nilai rapornya selama sekolah tiga tahun. Kedua adalah jalur SBMPTN atau jalur ujian nasional yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia. Yang ketiga adalah jalur SIMAK UI atau biasa disebut dengan jalur ujian mandiri.

Salah satu jalur favorit para siswa-siswi SMA adalah dengan mengandalkan nilai rapor (SNMPTN). Bukan berarti persaingan jalur SNMPTN mudah. Universitas Indonesia sendiri memakai berbagai macam indikator dalam menjaring mahasiswa via jalur SNMPTN. Salah satu strategi yang bisa dipakai oleh para siswa-siswi dalam SNMPTN Universitas Indonesia adalah dengan melihat persaingan atau keketatan memasuki jurusan tersebut. Semakin kecil angka persentasenya maka semakin kecil peluangnya. Berikut ini adalah 5 Jurusan Soshum dan Saintek Universitas Indonesia yang persaingannya:

Saintek

1. Aktuaria (2.9%)
Akturia Universitas Indonesia sendiri merupakan salah satu program studi yang relatif baru. Walaupun baru namun sudah menduduki peringkat pertama dalam hal keketatan. Aktuaria Universitas Indonesia sendiri dibawah naungan Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. 

2. Teknik Biomedik(3.9%)
Sama halnya dengan Aktuaria, Teknik Biomedik sendiri merupakan prodi baru yang dibawah naungan Fakultas Teknik. Secara umum teknik biomedik sendiri mengkombinasikan ilmu teknik dengan bidang dunia medis atau kesehatan. 

3. Gizi(4.0%)
Semakin tingginya kebutuhan ahli gizi maka semakin membuat banyak siswa-siswi untuk mengambil jurusan gizi. Oleh sebab itu Ilmu Gizi Universitas Indonesia menduduki peringkat ketiga dalam hal keketatan.

4. Pendidikan Dokter(4.3%)
Prodi kedokteran sendiri selalu menjadi prodi favorit pilihan lulusan siswa-siswi SMA. Pendidikan Dokter Universitas Indonesia sendiri juga demikian. Oleh sebab itu persaingan untuk memasuki prodi Pendidikan Dokter Universitas Indonesia memiliki keketatan tinggi dalam hal persaingan. 

5. Arsitektur(4.7%)
Prodi favorit di Fakultas Teknik Universitas Indonesia justru jatuh pada program Ilmu Arsitektur. Ilmu Arsitektur Universitas Indonesia sendiri mempunyai reputasi yang baik yang dibarengi dengan berbagai macam prestasi juga. Oleh sebab itu juga, keketatan untuk memasuki prodi tersebut cendrung tinggi. 

Soshum

1. Ilmu Hubungan Internasional(2.2%)
Sudah menjadi rahasia umum bahwasannya Hubungan Internasional UI merupakan salah satu prodi favorit para siswa-siswi soshum. Persaingannya pun ketat bukan hanya di jalur SNMPTN tapi jalur-jalur lainnya baik itu SBMPTN atau pun SIMAK UI.

2. Bahasa dan Kebudayaan Korea(3.1%)
Dengan semakin boomingnya budaya korea di Indonesia banyak siswa-siswi SMA ingin belajar lebih lanjut tentang kebudayaan Korea. Penyebab mengapa prodi Bahasa dan Kebudayaan Korea atau biasa disebut sastra korea di UI persaingannya ketat? Karena prodi sastra korea jumlahnya hanya sedikit di Indonesia dan salah satunya di UI.

3. Krimonologi(3.3%)
Salah satu prodi langka dan juga dibutuhkan saat ini adalah Kriminologi. Hanya beberapa universitas saja yang menyediakan prodi tersebut salah satunya adalah Universitas Indonesia. Kebutuhan akan ahli kriminologi menarik banyak minat siswa-siswi SMA untuk memasuki prodi tersebut.

4. Sastra Inggris(3.5%)
Universitas Indonesia sendiri memiliki prodi sastra inggris terbaik di Indonesia. Maka tidak heran banyak siswa-siswi SMA menaruh minat untuk belajar di prodi Sastra Inggris UI. 

5. Ilmu Komunikasi(3.8%)
Salah satu prodi favorit di Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Indonesia adalah ilmu komunikasi. Setiap tahun Ilmu Komunikasi UI memiliki tingkat persaingan tinggi baik itu jalur SNMPTN atau pun jalur ujian tes yaitu SBMPTN dan SIMAK UI.

Dikutip dari instagram: @infomasukptn
Bourbon Semoga situs ini bermanfaat bagi anda. salam hangat dari saya

Belum ada Komentar untuk "5 Jurusan Soshum dan Saintek UI yang Persaingannya Paling Ketat (SNMPTN)"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel