Jenis-Jenis Teks

1. Teks Berita
Teks berita adalah teks yang melaporkan kejadian, peristiwa, atau informasi mengenai sesuatu yang telah atau sedang terjadi. Struktur teks berita terdiri atas judul, teras berita, dan tubuh berita. Judul berita merupakan kata kunci yang mewakili keseluruhan berita. Judul berita biasanya memuat kejadian yang dibahas atau disampaikan. Teras berita adalah bagian yang sangat penting dari berita. Dalam teras berita terangkum inti keseluruhan isi berita. Teras berita ditulis untuk menarik pembaca melihat lebih lanjut isi berita. Tubuh berita adalah inti teks berita. Tubuh berita merupakan kelanjutan isi berita yang dapat memberitahukan lebih rinci keseluruhan peristiwa yang diberitakan. Kebahasaan teks berita menggunakan bahasa baku, adanya penggunaan kalimat langsung dan kalimat tidak langsung.

2. Teks Eksposisi
Teks eksposisi adalah karangan yang memaparkan sejumlah pengetahuan atau gagasan yang bersifat pribadi. Ciri-ciri teks eksposisi:
a. berusaha menjelaskan tentang sesuatu;
b. gaya bersifat informatif; dan
c. fakta dipakai sebagai alat kontribusi.
Struktur teks:
a. Pendapat (tesis) berisi pendapat yang dikemukakan oleh penulis teks.
b. Argumentasi atau isi berisi argumen-argumen (alasan) yang mendukung pernyataan penulis.
c. Penegasan ulang berisi pengulangan pernyataan yang digunakan untuk meyakinkan pembaca tentang kebenaran pernyataan (tesis).

3. Teks Prosedur
Teks prosedur merupakan teks berisi tujuan dan langkah-langkah yang harus diikuti agar suatu pekerjaan dapat dilakukan. Langkah-langkah itu biasanya tidak dapat dibalik-balik, teks tersebut disebut protokol. Ciri-ciri teks prosedur:
a. memuat informasi tentang cara membuat, menggunakan, atau memakai sesuatu;
b. menggunakan bahasa yang komunikatif; dan
c. banyak dijumpai penggunaan kalimat perintah atau imperatif.
Struktur teks:
a. Tujuan, berisi maksud yang ingin dicapai.
b. Langkah-langkah, berisi langkah-langkah yang harus ditempuh untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

4. Teks Editorial 
Teks editorial/tajuk adalah berita utama di surat kabar yang berisi kupasan masalah aktual atau yang baru saja terjadi dan masih menjadi bahan pembicaraan di masyarakat. Struktur teks editorial:
a. pernyataan pendapat: berisi pendapat penulis tajuk mengenai masalah yang sedang ramai dibicarakan;
b. argumentasi: berisi penyampaian argumen-argumen penulis mengenai peristiwa yang ramai dibicarakan; dan
c. pernyataan ulang pendapat: berisi bagian akhir/kesimpulan yang berisi pernyataan ulang pendapat dan argumen penulis mengenai peristiwa yang ramai dibicarakan.

5. Teks Ulasan
Teks ulasan adalah teks yang berisi tinjauan suatu karya baik berupa film, buku, benda, maupun karya seni untuk mengetahui kualitas, kelebihan, dan kekurangan karya tersebut. Ulasan ditujukan untuk pembaca atau pendengar khalayak ramai. Teks ulasan juga memberikan tanggapan atau analisis yang berhubungan dengan latar, waktu, tempat, dan karakter (ulasan novel).
Ciri-ciri teks ulasan:
a. memuat informasi berdasarkan pandangan atau opini penulis terhadap suatu kerya atau produk;
b. opininya berdasarkan fakta yang diinterpretasikan; dan
c. dikenal dengan istilah lain yaitu resensi.
Struktur teks:
a. Orientasi: gambaran umum atas bahan atau karya sastra yang akan diulas. Gambaran umum karya atau benda tersebut bisa berupa paparan tentang nama, kegunaan, dan sebagainya.
b. Tafsiran: isi memuat pandangan pengulasnya sendiri mengenai karya yang diulas. Pada bagian ini penulis biasanya membandingkan karya tersebut dengan karya lain yang dianggap mirip. Selain itu, penulis juga menilai kekurangan dan kelebihan karya yang diulas
c. Evaluasi: bagian evaluasi dilakukan penilaian terhadap karya, penampilan, dan produksi. Bagian tersebut berisi gambaran teperinci suatu karya atau benda yang diulas. Penilaian ini bisa berupa bagian, ciri, dan kualitas karya tersebut.
d. Rangkuman: penulis memberikan gambaran akhir yang berisi simpulan karya tersebut.

Belum ada Komentar untuk "Jenis-Jenis Teks"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel