Tips Lulus SBMPTN 2020

 
Ada yang baru dari SBMPTN kali ini, jika sebelum-sebelumnya tes menggunakan Lembar Jawaban Kertas maka kali ini berbasiskan komputer. Bisa dibilang format baru ini bentuk dari penyegaran dan efisiensi. Salah satu kebijakan yang baru adalah siswa akan mengetahui nilai yang ia dapatkan selang beberapa minggu mengikuti tes. Nilai tersebut nantinya menjadi tiket masuk PTN yang diinginkan.

Selalu muncul pertanyaan setiap tahunnya bagaimana cara lulus SBMPTN? Bagaimana agar saya lulus SBMPTN 2020? Jawabannya yang pasti adalah belajar. Namun belajar terus menerus tanpa strategi merupakan hal kesia-sian menurut saya. Belajar SBMPTN diperlukan strategi khusus agar dapat skor yang memuaskan yang bisa mengantar ke PTN impian.Saya disini berusaha berbagai pengalaman sebagai guru SBMPTN selama kurang lebih 4 tahun. Berikut adalah caranya:

1. Mencuri start
Dalam hal ini kita harus belajar terlebih dahulu dibandingkan teman-teman kita. Biasanya yang saya sering temui siswa-siswi SMA kelas 12 baru belajar SBMPTN ketika UN telah selsai. Sebenarnya sah-sah saja dan boleh-boleh saja. Namun jauh lebih berpeluang jika kita mencuri start belajar terlebih dahulu. Ada alasan tertentu yang membuat kita harus belajar lebih dulu dibanding teman-teman kita. Soal SBMPTN atau pun ujian mandiri biasanya tingkaat kesulitannya lebih sulit. Disini tentunya dibutuhkan waktu yang lebih banyak untuk mempelajari soal-soal tersebut.

2. Belajar Memahami Konsepnya
Sering kita dengar dari peserta ujian bahwasannya soal SBMPTN itu sulit untuk dikerjakan. Sebenarnya sulit atau tidak sesuatu yang relativ. Pangkal masalahnya adalah cara belajar kita. Cara belajar kita disekolah pada umumnya yang saya temui adalah berusaha menghapalkan segala sesuatu yang diajarkan guru. Padahal cara menghapalkan sangat tidak efektif diterapkan untuk mengerjakan soal-soal SBMPTN. Sebagai contoh, kalian tidak akan pernah menemui soal-soal sejarah yang menanyakan tahun atau tanggal berapa kejadian tersebut berlangsung, atau kalian tidak akan menemui soal bunyi hukum permintaan dan penawaran seperti apa? Kalian justru akan menemui contoh kasus yang berkaitan dengan hukum permintaan dan penawaran. Disinilah poinnya, kalian harus benar-benar memahami konsep materi dari soal yang diujikan.

3. Mengumpulkan Soal-soal Tahun Lalu
Ada maksud dan tujuan tertentu kenapa kita harus mengumpulkan soal-soal dari tahun ketahun. Ada beberapa manfaat yang kita bisa dapatkan dari mengumpulkan soal tersebut.  
Pertama kita akan tahu bahwasannya soal SBMPTN lebih menguji pada nalar bukan hapalan.  Kedua kita bisa melihat materi apa yang suka keluar dalam SBMPTN? Misalkan ketika kita bicara soal sejarah SBMPTN maka biasaya soal mayoritas itu merupakan soal Indonesia modern mencakup dari masa zaman pergerakan nasional sampai zaman reformasi. Dengan mengetahui soal apa yang sering diujikan kita bisa membuat skala prioritas yang mana kira-kira hal penting yang harus dipelajari terlebih dahulu dan ini tentunya membuat belajar kita jauh lebih terarah. Pakailah prinsip seperti ini, kuasailah benar-benar satu  materi tersebut secara menyeluruh dibandingkan kita banyak mengetahui materi tapi tidak bisa menguasai secara menyeluruh yang akibatnya kita tidak bisa menjawab soal yang diujikan nanti. 
Ketiga kita bisa tahu kira-kira model soal seperti apa yang sering diujikan dalam materi tertentu. Misalkan seperti ini. Jika berbicara bentuk pasar, biasanya sepengalaman saya yang sering dijadikan pertanyaan adalah ciri-ciri pasarnya. Misalkan kita ditanyakan ciri-ciri pasar persaingan sempurna seperti apa?  atau bicara permintaan dan penawaran, biasanya yg sering diujikan kemampuan kita membaca kurva atau pun menganalisis kasus. 

4. Membuat jadwal
Setelah melakukan hal diatas maka sekarang buatlah jadwal secara teratur. Sebisa mungkin jadwal yang dibuat dilakukan setiap hari. Misalkan seperti ini, senin kita akan mempelajari materi kimia stoikiometri, selasa kita akan mempelajari materi logaritma, rabu kita belajar TPA. Diselang-seling seperti ini agar kita bisa mengusai pelajaran diujikan serta mencegah kejenuhan. Tapi perlu diingat kita harus membuat jadwal belajar serapi mungkin dalam hal ini urutan materinya. Karena materi satu dan lainnya itu saling terkait. Jika kita tidak belajar eksponensial dan akar maka kita tidak mungkin kita bisa menguasai logaritma. Untuk mudahnya kalian bisa menyusunya berdasarkan daftar isi buku pelajaran kalian di SMA.

5. Latihan Mandiri
Latihan mandiri disini maksudnya adalah latihan soal. Ketika kita sudah mempelajari suatu materi maka diperlukan latihan soal. Hal ini diperlukan untuk menguji sejauh mana pemahaman kita akan materi  yang telah dipelajari. Sebisa mungkin ketika kita sudah belajar materi sesuai jadwal maka langsung latihan soalnya. Selain itu, adakan try out mandiri yang mencakup semua pelajaran yang diujikan dalam SBMPTN. Sebisa mungkin adakan try out ini seminggu sekali. Hal ini akan menjadi evaluasi belajar kita nantinya.


6. Mengikut TO SBMPTN
Mengikuti TO merupakan sesuatu yang hukumnya wajib. Mengapa wajib? Dengan mengikuti TO kita tahu seberapa jauh kemampuan kita dibandingkan peserta lainnya. TO seperti ini juga sebagai bahan evaluasi kita dalam memilih universitas dan program studi. Namun pemilihan ini biasanya baru bisa dilakukan ketika kita sudah banyak mengikuti TO. Hasil-hasil yang didapatkan nantinya bisa referensi universitas dan prodi yang kita pilih. Jangan pernah memaksakan kehendak, jika memang nilai tidak mencukupi masuk kedokteran UI  setelah banyak mengikuti TO maka jangan pernah maksa dalam SBMPTN mengambil prodi tersebut. Pilihlah kedokteran yang sesuai dengan nilai TO yang kita dapatkan selama ini.

7. Ikut Bimbel atau Private
Sebenarnya hal ini opsional saja. Bagi murid yang tidak bisa belajar secara mandiri maka opsi bimbel bisa menjadi pilihan. Murid seperti ini biasanya memang butuh penjelasan langsung dari seorang guru. Jika punya uang banyak maka akan lebih baik ambil saja guru private SBMPTN. Guru private SBMPTN biasanya juga ikut mengarahkan dalam belajar.

8. Konsisten dan Disiplin.
Seberapa pun hebat kita dalam mengatur jadwal, seberapa pun kita pintar,, maka hal tersebut akan sia-sia jika kita tidak memiliki hal diatas. Medan perjuangan SBMPTN bukanlah medan yang mudah dilalui. Ingat SBMPTN merupakan tes seleksi bukan tes evaluasi seperti UN yang sudah dijamin lulus. Jika tidak melakukan hal seperti diatas maka hasil yang diperoleh tidak maksimal alih-alih malah tidak lulus.

9. Doa
Jika sudah melalukan yang terbaik maka tutuplahj dengan doa. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Lulus SBMPTN 2020"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel