Tips Belajar Sejarah SBMPTN

Tips Belajar Sejarah SBMPTN
Berbicara pelajaran sejarah maka kesan murid siswa-siswi SMA biasanya pelajaran yang identik dengan kebosanan, pelajaran yang bikin ngantuk, dan yang paling terkenal pelajaran hapal-hapalan tahun dan tanggal-tanggal penting-penting. Padahal semua itu tidak benar. Sebenarnya pelajaran sejarah akan mengasikan jika guru yang membawakan pelajaran tersebut mengasikan. Sejarah bukan sekedar berbicara tahun dan tanggal saja yang kita harus ketahui namun ia bicara peristiwa penting yang berpengaruh pada hari ini.

Selama pengalaman saya mengajar SBMPTN Soshum kurang lebih selama 4 tahun, pelajaran ini yang paling suka diremehkan dan dianggap pelajaran mudah. Faktanya selama 4 tahun saya mengajar  pelajaran ini nilainya paling kecil dari semua bidang soshum. Lantas apa penyebabnya nilai sejarah bisa kecil dibanding pelajaran soshum lainnya?

Pertama dari awal mereka sudah meremehkan pelajaran ini sehigga mulai belajar sejarah pada menit-menit terakhir SBMPTN . Kedua mindset belajar sejarah selama ini salah. Belajar sejarah bukan saja tentang perkara menghapalkan sesuatu. Belajar sejarah merupakan proses mengerti suatu peristiwa. Bagaimana peristiwa tersebut terjadi? Mengapa peristiwa tersebut terjadi? dan apa dampak dari peristiwa tersebut. Jika diperhatikan hampir tidak ada soal sejarah SBMPTN yang menanyakan tanggal dan tahun berapa peristiwa terjadi.

Lantas bagaimana untuk bisa mengerjakan soal SBMPTN dengan baik? Disini saya akan memberikan tips belajar sejarah SBMPTN secara efektif. Hal ini didasarkan pengalaman saya mengajar sejarah SBMPTN dan menjadi seorang mahasiswa sejarah. Berikut ini adalah tipsnya:

1. Mengidentifikasi Soal SBMPTN
apa maksud dari poin diatas. Maksudnya adalah kita berusaha mengidentifikasi soal sejarah apa saja yang sering diujikan dalam SBMPTN. Oke sekedar berbagi bocoran. Soal yang sering diujikan dalam SBMPTN kurang lebih 60%-70% merupakan soal sejarah modern yang rentang periodenya adalah abad 20 sampai abad 21. Angka tersebut merupakan campuran antara soal sejarah Indonesia dan sejarah dunia. Oke titik awal belajar sejarah indonesia modern diawali dengan zaman pergerakan nasional sampai pada masa reformasi. Jika bicara sejarah dunia maka masa tersebut dimulai pada masa industrialasi, perang dunia I dan II, perang dingin, serta organisasi tingkat dunia. Disinilah fokus utama belajarnya. Saran saya belajarlah dari titik sini. Jika sudah bisa materi ini maka paling tidak sudah bisa mendapatkan skor 60-70%.  Sebagai pembuktian atas omongan saya, kalian bisa download soal SBMPTN soshum dari tahun 2002 - 2018 (klik disini). Disitu kalian bisa tahu bahwasannya sejarah modern memang 60-70% sejarah modern.

2. Media Belajar
Media belajar sejarah selama ini lebih cendrung kepada buku pelajaran atau pun buku ringkasan materi. Untuk bisa belajar sejarah lebih menyenangkan dan efekftik, saran saya cari media belajar yang menyenangkan. Dosen sejarah saya bilang, "sejarah lebih menyenangkan jika ada visualisasinya atau penggambarannya". Hal ini bisa didapatkan dari berbagai macam media. Contohnya belajarlah sejarah dari film-film. Contohnya kita bisa belajar masa zaman pendudukan Jepang sampai dengan masa proklamasi dengan menononton film sejarah "Sukarno". Dari film tersebut kita bisa melihat berbagai macam peristiwa seperti terlahirnya pancasila, penculikan Sukarno oleh kaum muda, sampai pada masa pembacaan proklamasi. Disitu kita juga bisa melihat emosi para pelaku sejarah ketika peristiwa tersebut terjadi. Selain itu kita bisa lihat film-film pendek di youtube tentang sejarah. Jika tidak suka nonton film maka bisa membaca komik sejarah yang bertebaran di internet.

3. Pergi Ke Museum
Apakah cara ini efektif? Saya bilang ini efektif. Museum sendiri bukan berarti tempat pengumpulan benda-benda bersejarah namun sebuah museum juga bisa menjadi tempat peristiwa sejarah tersebut terjadi. Dengan pergi ke museum kita bisa merasakan peristiwa itu lebih dekat dan melihat sisa benda sejarah yang terkait dengan peristiwa tersebut. Di museum juga biasanya akan ada penjelasan lengkap tentang sebuah peristiwa. Tentunya museum ini juga bisa menjadi tempat wisata yang mendidik. Tapi pergilah ke museum yang  memang ada kaitannya dengan pelajaran yang diujikan dalam SBMPTN. Sebagai contoh jangan pergi ke museum wayang atau transportasi yang tidak ada kaitannya dengan materi SBMPTN sejarah.

4. Belajar secara urut. 
Salah satu kesalahan belajar yang fatal dalam sejarah adalah belajar sejarah yang tidak sesuai dengan kronologis. Ingatlah sejarah merupakan suatu peristiwa yang mempunyai urutan yang jelas. Setiap peristiwa yang terjadi akan saling terkait dengan peristiwa yang dibelakangnnya atau pun yang didepannya. Disinilah belajar sejarah harus kronologis. Jika kita memulai belajar tentang sejarah Indonesia modern maka kita harus tahu titik awalnya yaitu zaman pergerakan nasional sampai nanti saling terkait dengan peristiwa lainnya yang ada didepannya. Contohnya belajar sejarah dunia modern (eropa dan dunia barat). Kita ingin belajar perang dunia pertama. Disini kita wajib tahu tentang industrialisasi dan imprealisme orang-orang eropa. Untuk memahami perang dunia dua pun harus memahami perang dunia pertama. Begitulah sejarah saling terkait satu sama lain.

5. Sejarah kuno atau tradisional mau dikemanain?
Tentunya jika waktu anda masih banyak anda harus mempelajarinya. Masa trasional ini sendiri merupakan sejarah indonesia kuno dan dunia kuno. Bicara sejarah indonesia kuno kita belajar tentang masa prasejarah, hindu budha, islam, sampai nanti pada masa tanam paksa. Periode liberal dan politik etis saya tidak masukan karena kedua kejadian tersebut terjadi masa industrialisasi dan merupakan peristiwa modern. Sejarah dunia kuno dimulai pada masa peradaban dunia kuno, pemikiran politik abad pertengahan, sampai pada masa praindustri. Namun jika waktu anda sedikit, langsunglah pada masa periode modern yang menurut saya jauh lebih muda dari pada masa kuno.

6. Latihan Soal
Latihan soal ini merupakan hal penting yang harus sering dilakukan agar anda terbiasa dengan soal-soal sejarah SBMPTN. disitu kalian bisa tahu seberapa jauh kemampuan kita dalam memahami soal serta bisa dibuat menjadi bahan evaluasi. Materi sejarah mana yang kita tidak bisa mengerti. Lakukanlah latihan soal sejarah ini secara rutin, baik itu dilakukan secara mandiri ataupun dilakukan pada waktu TO SBMPTN. Semakin kalian banyak berlatih maka semakin bisa menjawan soal sejarah dengan mudah. Ingat jangan pernah puas dengan hasil yang kalian dapatkan teruslah mendapatkan skor sejarah yang maksimal, begitupun dengan soal-soal sejarah lainnya. 

Belum ada Komentar untuk "Tips Belajar Sejarah SBMPTN "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel