Cara Masuk PTN tanpa Bimbel

Tentunya kebanyakan dari siswa siswi SMA kelas 12 ketika lulus ingin berkuliah di PTN, terutama PTN yang mempunyai nama besar. Sebagian dari mereka rela mengeluarkan uang banyak sekali untuk bimbel demi masuk PTN impian. Masuk PTN impian merupakan hal kebanggan tersendiri bagi seorang siswa dan orang tuanya. Namun tidak sedikit dari mereka tidak mempunyai modal sama sekali untuk mengakses bimbel. Tentu hal ini menimbulkan rasa pesimis dalam diri untuk masuk PTN impian. Saya beritahu buanglah pikiran tersebut. Anda tetap bisa masuk PTN impian sekalipun tanpa bimbel. Mengikuti bimbel yang mahal yang harganya sampai puluhan juta bukan jaminan anda bisa memasuki PTN impian. Disini saya akan memberikan tips atau cara bagaimana untuk masuk PTN impian tanpa bimbel. Untuk catatan. saya sendiri pun berhasil kuliah di PTN terbaik Indonesia tanpa bimbel.

1. Ketika membaca ini Anda harus mulai BELAJAR
source: flickr
Belajar lebih awal tentunya sangat baik untuk persiapan masuk PTN. Anda jangan terlalu mengharapkan jalur undangan atau SNMPTN. Harapan terlalu berlebihan membuat anda sakit hati nantinya kalau ditolak. Orang-orang yang masuk PTN impiannya mempunyai kecendrungan mempersiapkan diri sejak awal. Belajar dari awal bisa dibilang meringankan beban Anda dikemudian hari karena Anda tidak merasa tertekan dan dibayangi hantu kegagalan SNMPTN yang akan datang nantinya. Ketika Anda baru mempersiapkan diri pasca kegagalan SNMPTN maka anda tidak akan maksimal karena dihantui rasa gagal. Beda halnya ketika anda tidak terlalu berharap SNMPTN dan hanya menganggapnya bonus semata dari proses belajar Anda ketika SMA dan Anda juga sedang fokus belajar untuk persiapan masuk PTN.

2. Ikuti Bimbel Online

 Mengikuti bimbel konvensional atau biasa tentunya mengeluarkan biaya yang tidak sedikit dan tentunya memberatkan kantong para orang tua. Dengan kemajuan dunia internet maka tersedia pembelajaran alternatif yaitu lahirnya "bimbel online". Biaya yang dikeluarkan pun terhitung sangat murah. Untuk catatan untuk bimbel biasa di jakarta program persiapan masuk PTN paling murah 7,8 juta. Berbeda dengan bimbel online yang rata-rata hanya mengeluarkan biaya ratusan ribu. Ada tiga bimbel online yang menurut saya bisa anda ikuti: Zenius(rekomendasi saya) yang setahunnya hanya mengeluarkan 440 ribu, Ruangguru yang saat ini memberikan diskon besar-besaran bagi para pengguna baru yang pastinya juga murah, Quipper yang setahunnya hanya 790.000. Apakah ikut bimbel online atau pembelajaran online efektif? Lihatlah gambar diatas yang merupakan survei kecil-kecilan yang saya buat. Jika anda tidak mampu membeli sendirian maka harus patungan dengan teman anda yang juga ingin membelinya. So Bimbel Online tidak kalah dengan bimbel biasa.

3. Sisihkan waktu Anda
source: pixabay
Setelah Anda sudah membeli produk bimbel online maka sekarang yang Anda lakukan adalah menyisihkan waktu dalam sehari minimal 2 jam untuk belajar masuk PTN. Dengan menyisihkan waktu 2 jam dalam sehari, Anda sudah terhitung mencicil belajar sejak dini yang mana hal ini tidak akan memberatkan Anda kedepannya. Niatkan dengan sungguh-sungguh demi  memasuki PTN impian. Jika masih ragu, ingatlah kedua orang tua Anda yang mesti dibanggakan.

4. Buat Jadwal belajar teratur
 Oke saya anggap anda sudah melakukan tiga hal tersebut. Maka selanjutnya yang wajib anda lakukan adalah membuat jadwal teratur untuk belajar masuk PTN. Biasakanlah diri anda dengan belajar dari bab awal yang merupakan konsep dasar dan tidak langsung meloncat ke bab tertentu. Contohnya ketika Anda belajar ekonomi maka anda wajib belajar terlebih dahulu mengerti akan konsep ekonomi dan hukum permintaan dan penawaran. Anda akan kebingunan mempelajari bab selanjutnya tanpa mengerti konsep tersebut. Selain itu anda juga harus latihan soal yang berkaitan dengan bab yang anda pelajari. Latihan soal penting untuk mengasah kemampuan anda dan sebagai bahan evaluasi yang menjadi kekurangan anda. Gambar diatas merupakan contoh Jadwal yang saya buat. Saran saya tempel jadwal tersebut di ruang belajar anda supaya anda bisa melihat ada target yang mesti anda capai.

5. Unduh Ebook dan Soal&Pembahasan yang ada di Internet 
Bersyukurlah anda dengan keberadaan internet. Keberadaan internet membuat belajar anda jauh lebih mudah termasuk dalam hal ini anda bisa mendownload banyak file yang berkaitan dengan ujian masuk PTN secara gratis. Anda sekarang tidak perlu repot-repot untuk membeli buku kumpulan soal di internet yang harganya terhitung mahal. Jika anda butuh situs rekomendasi situs gu-buk.net menyediakan banyak file berkaitan dengan ujian masuk PTN.  Mengunduh file tersebut membuat anda mempelajari pola soal yang diujikan dalam ujian masuk PTN dan soal jenis apa yang sering diujikan.

6. Try Out 
 Setelah melewati proses belajar dan latihan soal secara mandiri maka sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mengikuti Try Out yang berkaitan dengan ujian masuk PTN. Dengan mengikut Try Out Anda bisa mengukur kemampuan anda sampai mana diluar sana. Selain itu anda juga bisa melihat pesaing-pesaing anda diluar sana. Try Out juga memberikan anda atmosfer nyata  persaingan masuk ujian masuk PTN. Sebagai tambahan anda juga harus mengikut Try Out Online yang biasanya diadakan banyak lembaga pembelajaran online. Saya merekomendasikan cerembrum.id sebagai refrensi anda Try Out online anda. Anda bisa mencari halaman tersebut di Instagram.

7. Jangan terlalu memikirkan jurusan terlebih dahulu
Anda jangan terlalu terfokus memikirkan jurusan apa yang cocok bagi anda dalam fase tahap awal-awal belajar. Ini akan membuat anda pusing dan memikirkannya secara terus menerus. Akibatnya apa? Anda kehilangan waktu belajar anda yang berharga dan kemampuan anda tidak berkembang sama sekali dalam mengerjakan soal ujian masuk PTN. Sekarang fokuslah terus belajar untuk persiapan masuk PTN. Pilihlan jurusan ketika mulai memasuki awal-awal pendaftaran ujian masuk PTN.

8. Disiplin dan Konsisten

Hal ini saya letakan dibagian terakhir karena ini merupakan hal yang paling berat dari semuanya. Percuma anda sudah merencanakan segala sesuatunya dengan baik jika anda tidak menjalankannya secara konsiten dan displin. Rencana itu nantinya hanya akan menjadi wacana belaka. Sebenarnya banyak yang membuat sulit melakukan kedua hal tersebut seperti contoh terkuatnya adalah lingkungan pertemanan anda. Lingkungan pertemanan yang mempunyai sifat malas membuat anda akhirnya menjadi malas juga. Lingkungan pertemanan yang mementingkan belajar dan sharing ilmu membuat anda akhirnya terpacu untuk belajar juga. Selain itu godaan medsos juga amat berpengaruh besar. Banyak dari pelajar SMA yang banyak menghabiskan waktunya selama berjam-jam untuk mengecek atau sekedar mengupdate status medsosnya. Tentunya hal ini sangat berbahaya karena benar-benar membuang waktu Anda semua. Mulai sekarang kurangilah bermain medsos atau kalau tidak sanggup hapuslah akun medsos Anda. Anda mesti ingat "Ada PTN impian yang mesti Anda capai".

9. Doa
Awali sesuatu usaha dengan doa dan akhiri juga dengan doa. Mintalah hasil yang terbaik kepada Tuhan atas usaha Anda selama ini. Terlepas dari kayakinan agama Anda teruslah berdoa kepada yang Maha Kuasa. 

Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda. Bagikanlah tulisan ini kepada teman-teman seperjuangan Anda. Salam sukses dari saya.

Belum ada Komentar untuk "Cara Masuk PTN tanpa Bimbel "

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Bawah Artikel